Angkut 6.559 Penumpang, ASDP Bira Beri Pelayanan Memuaskan Selama Mudik Lebaran

Tim Sindomakassar
Selasa, 09 Apr 2024 20:15
Angkut 6.559 Penumpang, ASDP Bira Beri Pelayanan Memuaskan Selama Mudik Lebaran
UPT ASDP Bira mampu memberikan pelayanan memuaskan selama arus mudik lebaran 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
BULUKUMBA - UPT ASDP Bira mampu memberikan pelayanan memuaskan selama arus mudik lebaran 2024. Pelayanan maksimal memang menjadi prioritas pengelola pelabuhan penyeberangan yang dipimpin Syamsuddin ini.

Sejak (04/04) atau H-7 sampai (09/04) atau H-1 lebaran, sebanyak 6.599 penumpang yang dilayani menuju pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar.

Adapun jenis kendaraan yakni Gol II atau roda dua sebanyak 1.456 unit, Gol IV atau roda 4 kendaraan kecil 552 unit, Gol V atau roda 6 truk yang kecil 30 unit. Selanjutnya Gol VI atau roda 6 yang panjang 32 unit, serta Gol VII atau truk 10 roda tronton 8 unit.

"Jadi memang jenis kendaraan paling banyak ialah Gol II roda dua dan Gol IV kendaraan kecil. Dan Alhamdulillah pengguna jasa yang dilayani sejak H-7 sampai H-1 merasa puas, atas pelayanan petugas angkutan ASDP Bira," kata Kepala UPT ASDP Bira, Syamsuddin.



Total 25 trip yang dilaksanakan ASDP Bira selama arus mudik lebaran ini. Rinciannya (04/04) 3 trip, (05/04) 3 trip, (06/04) 4 trip, (07/04) 7 trip, (08/04) 5 trip dan (09/04) 3 trip.

"Paling tinggi grafiknya itu pada hari Minggu kemarin, tanggal 7 (April) di situ puncaknya. Dan kami berhasil menyeberangkan semua penumpang pada hari itu juga, tidak ada yang bermalam," kata Syamsuddin.

Syamsuddin menuturkan, pihaknya melakukan survei kepada para penumpang yang hendak menyeberang dari Bira ke Pamatata. Mayoritas para pengguna jasa merasa nyaman dengan pelayanan ASDP Bira. Apalagi sudah tak ada lagi salip menyalip antrian.

"Sejumlah pengguna jasa mengatakan, mereka tidak keberatan terlambat datang (ke pelabuhan), asal tidak ada yang menyalip. Yang menyalip itu, misalnya dia antrian 50, tapi ada antrian 60 atau 70 yang naik di kapal duluan. Nah, itu tidak ada lagi," ujarnya.

Menurut Syam, para pengguna jasa juga senang karena tak lagi bermalam di pelabuhan, gara-gara tidak dapat kapal. Hal ini berlaku di momen arus mudik lebaran.

"Kepuasaan yang kedua, sejak 2020 tidak ada pengguna jasa yang bermalam di Bira yang tujuannya lebaran di Selayar. Dulu sering, tapi sekarng tidak lagi sejak kami bertugas," tuturnya.

"Jadi yang datang pada hari itu, kita selesaikan pada hari itu juga. Contohnya waktu hari Minggu (07/04) 7 trip, itu kan di hari biasa normalnya hanya 2 trip, berarti ada 5 trip tambahan kita maksimalkan," sambungnya.



UPT ASDP Bira pada Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel di Kabupaten Bulukumba bersama General Manager PT Indonesia Ferry Cabang Selayar berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa penyeberangan Bira-Pamatata.

Sebanyak 5 armada yang dikerahkan di arus mudik lebaran 2024 tahun ini. Mulai dari KMP Kormomolin, KMP Bontoharu, KMP Takabonerate, KMP Sangke Palangga dan KMP Balibo.

Sejak 1 April 2024 lalu seluruh stakeholder berkolaborasi dan bersinergi mulai turun melihat langsung kesiapan angkutan selama momen lebaran. Pengerahan 5 armada ini akan berlangsung sampai H+7 lebaran atau 17 April 2024.

Mulai dari Kepala UPT ASD Bira, Syamsuddin yang menjadi ketua tim, selanjutnya General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Selayar, Kapolsek Bontobahari, Danramil Bontobahari, Dan Sub Den Pom Bulukumba, Dan Pos Angkatan Laut, Syahbandar BPTD, Manager Teknik ASDP, Kesehatan Pelabuhan dan Polisi Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP).
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru