Belum Ada Nama Tunggal, Golkar Tentukan Calon Bupati Toraja Lewat Survei

Tim Sindomakassar
Rabu, 24 Apr 2024 18:15
Belum Ada Nama Tunggal, Golkar Tentukan Calon Bupati Toraja Lewat Survei
Dua Calon Bupati Tana Toraja, JRM dan VDB. Ilustrasi Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Wakil Ketua Umum Bappilu DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menegaskan bahwa partainya belum memiliki usungan calon kepala daerah untuk saat ini. Termasuk di Sulawesi Selatan, khususnya di Tana Toraja.

Pada November 2023, DPP Golkar menerbitkan surat tugas kepada calon kepala daerah untuk Victor Datuan Batara (VDB) dan John Rende Mangontan (JRM) di Pilkada Tana Toraja 2024.

Doli menegaskan, baik VDB dan JRM masih memiliki peluang yang sama untuk menjadi calon kepala daerah dari Golkar. "Masih ada dua nama sementara ini, Sdr. Viktor dan John Rende," katanya.



Ketua Komisi II DPR RI ini menuturkan, DPP akan melakukan survei internal terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang akan diusung. Golkar tentu akan mendorong kadernya yang memiliki peluang besar untuk menang.

"Kita akan lihat kekuatan elektabilitas masing-masing sebelum kita putuskan siapa nanti. Dan prosesnya masih panjang, sampai Agustus-September sebelum kita daftarkan ke KPU," jelas Doli.

Pada awal April lalu, DPD I mengusulkan puluhan nama calon kepala daerah untuk 24 kabupaten/kota ke DPP. Khusus Tana Toraja, hanya nama VDB yang didorong. Tidak ada nama JRM.



Waketum DPP Golkar, HAM Nurdin Halid menegaskan partainya sampai saat ini belum menetapkan calon tunggal di Pilkada 2024. Dia mengamini pernyataan Doli, bahwa Bappilu bakal melakukan survei internal terlebih dahulu.

"Tidak akan ada calon tunggal tanpa melalui mekanisme organisasi, antara lain DPP akan menetapkan calon setelah dilakukan 2 kali survei. Jadi setiap kader Partai Golkar memiliki kesempatan yang sama untuk dicalonkan," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru