Masara Majjaga Sando Batu di Sidrap Dipersiapkan jadi Warisan Budaya Nasional

Tim Sindomakassar
Selasa, 14 Mei 2024 13:32
Masara Majjaga Sando Batu di Sidrap Dipersiapkan jadi Warisan Budaya Nasional
Tim Verifikasi Warisan Budaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi(Kemendikbudristek) berkunjung ke Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) belum lama ini. Foto: Humas Pemkot Sidrap
Comment
Share
SIDRAP - Tim Verifikasi Warisan Budaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi(Kemendikbudristek) berkunjung ke Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) belum lama ini.

Mereka datang khusus untuk memverifikasi salah satu kekayaan warisan budaya Bumi Nene Mallomo yaitu Masara Majjaga Sando Batu.

Masara Majjaga Sando Batu merupakan budaya masyarakat adat Sando Batu yang ada di Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase.



Tim yang dipimpin Dr. Mukhlis Paeni juga menyempatkan berkunjung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap.

Kedatangan mereka disambut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Taqwa, bersama jajaran terkait.

Mukhlis Paeni mengatakan, kedatangannya bersama tim untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci tentang budaya Masara Majjaga Sando Batu.



"Karena ini akan menjadi suatu warisan budaya nasional, oleh karena itu harus dilakukan verifikasi langsung ke daerah karya budaya itu diusulkan," terangnya.

Di kesempatan yang sama, tokoh adat Sando Batu, Syamsuddin, berharap budaya Masara Majjaga Sando Batu bisa dipatenkan sebagai warisan nasional.

"Kami juga berharap dukungan dari pemerintah kepada masyarakat adat Sando Batu," tutupnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru