3 Ton Sampah Diangkut Petugas dari Aliran Sungai TPI Labuang

Najmi S Limonu
Selasa, 09 Jul 2024 14:19
3 Ton Sampah Diangkut Petugas dari Aliran Sungai TPI Labuang
Aktivitas bersihkan sampah di aliran sungai TPI Labuang, Kabupaten Maros. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - UPTD Tempat Pelelangan Ikan Kabupaten Maros beserta 200 anggota TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin melakukan aksi bersih-bersih lingkup TPI Labungang, Selasa (9/7/2024).

Dari aksi bersih-bersih tersebut petugas berhasil mengangkut sekitar 3 ton sampah. Material ini berasal dari aliran sungai TPI Labuang.

Proses pengangkatan sampah dilakukan sejak pagi sampai siang ini. Beberapa anggota TNI menyusuri sungai menggunakan perahu karet. Sampah yang dibersihkan ini didominasi sampah rumah tangga.

Kepala UPTD TPI Labuang, Burhan mengatakan, pihaknya menyediakan sekitar 500 karung sampah. Dipastikan, karung sampah ini terisi penuh sampah yang berhasil diangkut dari muara sungai.

"Kami siapkan 500 karung, dan semuanya terisi. Kebanyakan memang sampah rumaj tangga yang terangkut dari sungai ini," katanya kepada awak media.

Tak hanya itu pihaknya juga menyiapkan tiga truk armada sampah. Dia menyebutkan, sungai TPI Labuang ini baru dibersihkan kembali setelah 6 tahun lalu.

"Sejak enam tahun lalu, ini baru pertama kalk lagi dibersihkan. Terakhir dibersihkan itu pasca banjir besar yang melanda Kabupaten Maros beberapa tahun lalu," bebernya.

Dia mengatakan, asal sampah ini bukan hanya dari pedagang tapi juga berasal dari sampah warga sekitar.

"Sering kami temukan ada beberapa warga yang membuang sampah di sungai," tuturnya.

Melihat banyaknya sampah di sepanjang sungai, maka kedepannya Pihaknya berjanji akan rutin melakukan aksi bersih-bersih.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru