home ekbis

BI Sulsel Dorong UMKM Binaan Pasarkan Produk hingga Luar Negeri

Senin, 24 Juli 2023 - 13:05 WIB
BI Sulsel mengajak wartawan berkunjung ke Bengok Craft yang memanfaatkan enceng gondok. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide
Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan mengawal pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk terus berkembang.

Saat ini, ratusan pelaku UMKM telah berhasil berpartisipasi dalam meningkatkan ekonomi Indonesia, khususnya Sulsel melaui produk yang di ekspor ke mancanegara.

"Saat ini ada sekitaran 100-an lebih UMKM binaan BI Sulsel yang telah tembus pasar global. Ini tentunya karena upaya kami yang konsisten melakukan pembinaan secara berkelanjutan dengan tujuan mengawal produk UMKM binaan kita dapat masuk pasar internasional," kata Kepala Bank Indonesia Sulsel Causa Iman Karana pada Pelatihan Wartawan Sulsel di Gumaya Tower Hotel, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (21/7/2023).

Adapun negara pemasaran dari produk UMKM binaan BI Sulsel ini yakni Timur Tengah, seperti di Kota Jedah, Arab Saudi, HongKong, Cina, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Sistem Manajemen Tomps Dukung Proyek Pembangunan Kawasan Bank Indonesia

Sementara untuk produk unggulan yang berhasil dipasarkan yakni pada jenis produk kuliner, seperti kacang tanah, kacang mete', dan gula semut.

"Selain produk kuliner juga ada wastra atau kain tradisional yang sudah tembus ke pasar Malaysia. Ini dapat masuk karena produk wastra ini cocok dengan selera masyarakat disana," lanjutnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya