home sulsel

Dewan Minta DPKP Wajo Antisipasi Penyebaran PMK Jelang Idul Adha

Rabu, 21 Juni 2023 - 21:05 WIB
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wajo, Sudirman Meru. Foto: SINDO Makassar/Reza Pahlevi
DPRD Kabupaten Wajo meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Wajo untuk melakukan langkah antisipatif terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) jelang Idul Adha 1444 H.

Ketua Komisi II DPRD Wajo Sudirman Meru mengklaim, populasi ternak sapi di Kabupaten Wajo merupakan kedua teringgi di Sulsel, dengan jumlah 140.000 ekor.

Olehnya itu ia mewanti-wanti DPKP Wajo untuk terus melakukan pengawasan secara maksimal untuk meminamilisir penularan PMK menjelang Idul Adha.

"Sapi yang keluar dan masuk di Kabupaten Wajo harus mendapatkan pengawasan yang ketat dan melakukan screening untuk mengetahui kondisi sapi serta mencegah penularan PMK," ujarnya kepada SINDO, Rabu (21/6/2023).

Baca juga:Inspektorat Gandeng BPK RI Tingkatkan Kompetisi APIP di Wajo

Menurut politisi PAN itu, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pertanian 2022 ada tiga kabupaten yang masuk zona hijau PMK, yakni Selayar, Wajo dan Sidrap.

Sejauh ini Wajo masih tergolong kategori aman untuk kategori penularan PMK pada hewan ternak Sapi, sebab di tahun 2023 ini, Kementrian Pertanian belum menerbitkan SK terbaru.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
dprd wajo idul adha penyakit mulut dan kuku
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya