Inspektorat Gandeng BPK RI Tingkatkan Kompetisi APIP di Wajo

Reza Pahlevi
Rabu, 21 Jun 2023 12:20
Inspektorat Gandeng BPK RI Tingkatkan Kompetisi APIP di Wajo
Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo menggelar pelatihan Pemeriksaan Barang dan Jasa untuk Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Daerah (APIP), untuk meningkatkan fungsi pengawasan. Foto: Istimewa
Comment
Share
WAJO - Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo menggelar pelatihan Pemeriksaan Barang dan Jasa untuk Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Daerah (APIP), untuk meningkatkan fungsi pengawasan, di Kantor Balai Diklat Pemeriksa Keuangan Negara (PKN), Kabupaten Gowa, Rabu (21/6/2023).

Dengan menggandeng Balai Diklat PKN bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, pelatihan ini diharapkan menambah wawasan serta kompetensi APIP dari Inspektorat Kabupaten Wajo.



Wakil Bupati Wajo, Amran mengatakan, tugas APIP lebih dititikberatkan pada kegiatan yang sifatnya kegiatan audit dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.

"APIP sendiri selain melakukan pemeriksaan-pemeriksaan, juga melakukan kegiatan lainnya seperti consulting. Demikian juga tugas pengawas internal lebih difokuskan kepada pencegahannya atau early warning system," ujarnya kepada sindomakassar.com

Selain itu, tugas APIP dalam pengadaan barang dan jasa, sudah diatur dalam perpres nomor 54 tahun 2010.

"APIP melakukan pengawasan intern atas pengelolaan tugas dan fungsi instansi pemerintah termasuk akuntabilitas keuangan negara/daerah," terangnya.

Amran pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Balai Diklat PKN di Gowa BPK RI yang telah memfasilitasi Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo melaksanakan kegiatan ini.



"Kepada peserta, saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan. Semoga nantinya APIP dapat mengawal perangkat daerah dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, juga memberikan assurance, monitoring, evaluasi dan bimbingan," katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Sulfiah mengatakan, untuk meningkatkan SDM dari APIP Inspektorat Kabupaten Wajo, pelatihan-pelatihan bersama Balai PKN dan BPK RI perlu dilakukan.



Sebab APIP merupakan garda pertama yang melakukan fungsi-fungsi pengawasan di internal pemertintah, sehingga memang dibutuhkan peningkatan kompetensi SDM.

"Kalau APIP dapat bekerja profesional, saya rasa pembangunan di Kabupaten Wajo akan terarah dan berkualitas. Dan memang fungsi-fungsi ini harus diperkuat," terang Politisi Partai Gerindra itu.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru