home sulsel

160 Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten/kota Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 10:48 WIB
Para calon Komisioner Bawaslu Kabupaten/kota menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Foto: Humas Bawaslu Sulsel
Bawaslu Sulsel tengah menguji sebanyak 160 calon komisioner untuk 24 Bawaslu kabupaten/kota. Agenda ini berlangsung di Hotel Claro Makassar selama 4 hari mulai 3 sampai 6 Agustus 2023.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Samsuar Saleh mengatakan jika fit and proper test dengan menggunakan sistem semi structured group discussion (SSGD). Kegiatan ini menjadi salah satu tahapan calon komisioner Bawaslu kabupaten/kota.

"Jadi sifatnya 7 komisioner (Bawaslu Sulsel), hanya melihat, mengukur kemapuan seluruh peserta dalam grup diskusi yang lagi berjalan," kata Samsuar.

Samsuar menuturkan, para calon komisioner Bawaslu kabupaten/kota akan dilihat kualitasnya dan pengetahuannya soal kepemiluan. Apalagi masa kerja mereka sampai 5 tahun ke depan.

"Dengan metode SSGD (semi structured group discussion) bisa melahirkan komisioner terbaik di masing-masing kabupaten. Itu yang kami harapkan," ujarnya.

Baca Juga: KPU Kabupaten/kota Masih Temukan Bacaleg Ganda di Sulsel

Mantan Ketua Bawaslu Gowa ini melanjutkan, pihaknya akan mendalami mulai dari wawasan, kemampuan mereka ketika ada sengketa.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya