home sulsel

Parpol di Sulsel Ramai-ramai Ganti Bacaleg

Senin, 07 Agustus 2023 - 07:00 WIB
Daftar Parpol peserta Pemilu 2024 beserta nomor urutnya. Foto: Sindonews
Mayoritas Parpol di berbagai daerah ramai-ramai mengganti bakal calon legislatifnya (Bacaleg). Dari hasil verifikasi administrasi, KPU menemukan ratusan Bacaleg diganti di masa pengajuan perbaikan.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengatakan ada sekitar 173 penggantian bacaleg yang dilakukan oleh 17 partai politik di masa pengajuan perbaikan. Jumlah tersebut dibagi atas dua alasan yang berbeda.

“Dari jumlah itu, 78 di antaranya diganti karena mengundurkan diri. Sementara 95 orang memang sengaja diganti oleh partai politik,” kata Gunawan.

Gunawan menuturkan selain itu, jumlah keseluruhan bacaleg yang diajukan pada pengajuan pertama 829 orang. Namun pada masa pengajuan perbaikan berkurang menjadi 816 orang.

“Saat ini, vermin perbaikan yang dilakukan KPU Kota Makassar sudah masuk tahap akhir. Hasil vermin perbaikan akan diserahkan kepada partai politik pada tanggal 5-6 Agustus 2023. Untuk selanjutnya, pemeriksaan data bacaleg memasuki tahapan pencermatan DCS,” ujarnya.

Baca Juga: 160 Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten/kota Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Eks Ketua AJI Makassar ini melanjutkan, hasil verifikasi administrasi perbaikan yang dilakukan oleh KPU Kota Makassar. Dari 816 bacaleg yang diajukan oleh 17 partai politik di masa pengajuan perbaikan, 743 bacaleg status pemeriksaannya Memenuhi Syarat (MS), dan 73 Bacaleg TMS.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya