Kiprah Astra Financial di GIIAS 2023: Pacu Ekonomi dari Sektor Pembiayaan Otomotif

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 23 Sep 2023 10:24
Kiprah Astra Financial di GIIAS 2023: Pacu Ekonomi dari Sektor Pembiayaan Otomotif
Astra Financial untuk kelima kalinya berpartisipasi pada ajang GIIAS 2023 sebagai sponsor platinum. Foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Astra Financial kembali berpartisipasi pada pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Event akbar ini berlangsung di dua lokasi, masing-masing di Tangerang pada 10-20 Agustus, dan di Surabaya pada 20-24 September mendatang.

Kiprah Astra Financial pada GIIAS 2023 menjadi bukti eksistensi kontribusi perusahaan pembiayaan itu terhadap pertumbuhan perekonomian nasional maupun daerah. Hal tersebut bisa dilihat dari kinerja ciamik divisi jasa keuangan yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk itu, khususnya di sektor pembiayaan otomotif.

Astra Financial yang memboyong 9 dari 14 unit bisnisnya berhasil melampaui target transaksi. Pada GIIAS Tangerang (Jakarta) saja, perputaran uang menembus Rp2,385 triliun dari target keseluruhan Rp2,3 triliun. Adapun di GIIAS Surabaya, nilai transaksi diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah.

Adapun 9 unit bisnis Astra Financial dengan performa positif pada GIIAS, yakni FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, SEVA, AstraPay, Maucash, dan Moxa.

Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, menyampaikan jejak perusahaannya pada ajang GIIAS terukir sejak 2018. Kehadiran Astra Financial pada pameran bergengsi itu bukan sekadar untuk mejeng. Hadir sebagai sponsor platinum, Astra Financial bekerja keras menyukseskan event tersebut, yang muaranya menebar manfaat kepada banyak pihak.

Astra Financial ditegaskannya memiliki komitmen kuat untuk mengakselerasi perekonomian, sekaligus mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional. Hal itu pun selaras dengan visi perusahaan untuk menjadi mitra keuangan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Astra Financial berkomitmen untuk turut mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional, khusunya melalui berbagai bidang jasa keuangan yang dimiliki," kata Suparno, saat Opening Booth Ceremony Astra Financial GIIAS 2023, yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Astra Financial.

Industri otomotif diakuinya sangat terkait dengan industri pembiayaan. Sebagian besar pembelian kendaraan bermotor bahkan difasilitasi melalui pembiayaan. Industri otomotif juga erat hubungannya dengan asuransi maupun produk jasa keuangan lainnya.

Lebih jauh, Suparno menjelaskan kehadiran booth Astra Financial dengan tema 'Driving Your Dreams' merupakan cerminan harapan dan optimisme dalam memberikan solusi layanan keuangan pilihan masyarakat Indonesia. Juga sekaligus upaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berani mewujudkan mobil impiannya.

Nah, untuk merealisasikan itu, Suparno mengharapkan dukungan seluruh pihak, termasuk dari OJK selaku regulator. Kolaborasi lintas sektor diharapkan terus terjalin, dimana Astra Financial ingin terus memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional maupun bagi masyarakat luas.

Kinerja Ciamik
Kiprah Astra Financial di GIIAS 2023: Pacu Ekonomi dari Sektor Pembiayaan Otomotif

Kiprah Astra Financial pada GIIAS 2023 merupakan indikasi pemulihan ekonomi nasional yang semakin kuat. Astra Financial dan unit bisnisnya menunjukkan performa ciamik, khususnya di sektor pembiayaan otomotif.

Pada GIIAS Tangerang (Jakarta), perputaran uang naik 53 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp2,385 triliun. Adapun jumlah realisasi distribusi tercatat sebanyak 6.820 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dari target 6.600 SPK atau dengan capaian sebesar 103 persen.

"Sebelumnya, kami menargetkan nilai transaksi sebesar Rp2,3 triliun untuk GIIAS Jakarta (Tangerang) dan Surabaya. Sedangkan, sampai penutupan acara di Jakarta saja nilai transaksi yang diraih telah mencapai Rp2,385 triliun atau melebihi 100 persen dari target Jakarta dan Surabaya," ungkap Suparno, dalam keterangan persnya.

Transaksi terbesar dicatatkan untuk roda empat melalui ACC dan TAF. Terjadi lonjakan 53 persen atau sebesar Rp2,361 triliun dari 6.253 SPK dibanding GIIAS tahun lalu. Sedangkan, transaksi untuk roda dua lewat FIFGROUP mencapai Rp14,1 miliar atau naik 67,72 persen. Adapun unit pembiayaan sepeda motor juga meningkat, dari 360 unit menjadi 567 unit.

Dari bisnis asuransi untuk proteksi kendaraan Asuransi Astra, nilai premi yang dibukukan untuk asuransi pembelian tunai mencapai Rp2,278 miliar. Angka tersebut naik 114 persen dibanding GIIAS sebelumnya yang hanya mencatat Rp1,064 miliar. Sedangkan untuk proteksi jiwa Astra Life, terdata adanya pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp26,684 miliar atau meningkat 122 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp12,047 miliar.

Unit bisnis Astra Financial untuk keuangan digital pun tidak mau kalah memperlihatkan performa positif. SEVA berhasil melakukan lebih dari 3.900 instant approval dengan pencapaian sebesar 390% dari target yang telah ditetapkan. Sedangkan, AstraPay mencatat transaksi Rp1,242 miliar atau meningkat 114,57% dibanding tahun lalu yang hanya senilai Rp579 juta.

Berikutnya, Maucash yang bergerak dalam bidang fintech P2P Lending berhasil mencatatkan peningkatan 183,88 persen pada nilai pencairan pinjaman menjadi Rp5,227 miliar dibanding GIIAS 2022 yang hanya tercatat senilai Rp1,841 miliar. Adapun Moxa sebagai wealth-tech app dari Astra Financial turut mendata jumlah registrasi akun baru mencapai 1.734 akun atau sebesar 192,67 persen dari target awal.

Project Director Astra Financial GIIAS 2023, Tan Chian Hok, menyampaikan kinerja positif perusahaan dan seluruh unit bisnisnya merupakan buah dari ikhtiar dan kepercayaan masyarakat. Di samping itu, tentunya berkat ragam program promo yang ditawarkan, yang berhasil menarik minat masyarakat.

“Pencapaian transaksi senilai Rp2,385 triliun tentunya tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat akan reputasi dan pelayanan prima dari Astra Financial. Hal tersebut juga didorong oleh beragam promo menarik yang dihadirkan sebagai upaya memudahkan pengunjung GIIAS 2023 untuk memiliki kendaraan impiannya," ujarnya.

Banjir Promo
Kiprah Astra Financial di GIIAS 2023: Pacu Ekonomi dari Sektor Pembiayaan Otomotif

Gelaran GIIAS 2023 di Tengerang dan Surabaya menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan kendaraan impian. Toh, selama event berlangsung, Astra Financial dan seluruh unit bisnisnya menawarkan begitu banyak promo menarik, yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk pembelian roda empat, Astra Financial melalui TAF dan ACC memberikan promo kredit dengan bunga 0,66 persen untuk tenor 1 tahun. Selain tenor 1 tahun, Astra Financial juga menawarkan promo tenor untuk 2 tahun dan 3 tahun sebesar 2,66 persen, tenor 4 tahun sebesar 3,66% dan juga tenor 5 tahun sebesar 4,66%. Semua tenor mendapatkan promo gratis biaya admin.

Sedangkan untuk pembelian roda dua, FIFGROUP menghadirkan promo menarik DP murah dan cicilan ringan. Uang pangkal Honda Scoopy misalnya mulai Rp1,6 juta. Lalu, ada juga hemat angsuran hingga Rp2 jutaan untuk Honda Scoopy, Honda Vario 160, Honda PCX 160, Honda ADV 160 dan Honda Genio dengan tenor 2 hingga 3 tahun.

Adapula diskon angsuran hingga Rp6 jutaan untuk Honda CB150X dan Honda CBR250RR dengan tenor 2 hingga 3 tahun, serta pilihan tenor hingga 6 tahun untuk Honda CB150X dan Honda CBR250RR. Konsumen juga berkesempatan mendapatkan Cashback Astrapay senilai Rp660 ribu melalui aplikasi Moxa untuk pembelian seri Honda CB150X.

Lini bisnis asuransi dari Astra Financial tidak ketinggalan memberikan program spesial. Asuransi Astra dengan produk Garda Oto misalnya, yang menawarkan perlindungan komprehensif dan Total Loss Only (TLO). Sedangkan, Astra Life memberikan penawaran menarik seperti cashback hingga 66 persen dari premi pertama untuk setiap pembelian asuransi Flexi di ilovelife.co.id.

Adapun unit bisnis keuangan digital dari Astra Financial memberikan penawaran beragam yang sayang dilewatkan. AstraPay menyediakan promo diskon dan cashback untuk berbagai aktivitas, mulai pembelian tiket, SPK mobil dan motor, hingga saat kulineran.

Beda lagi dengan Maucash. Layanan P2P dari Grup Astra itu menawarkan hadiah langsung untuk konsumen baru. Bahkan, ada doorprize bagi yang beruntung untuk jalan-jalan ke Bangkok, Thailand atau pengalaman menginap di hotel bintang 5 di Jakarta.

Selanjutnya, Moxa sebagai wealth tech app menawarkan berbagai layanan keuangan yang memenuhi kebutuhan konsumen dalam setiap tahap kehidupan. Di GIIAS 2023, Moxa menawarkan 3 promo, mulai pembelian kendaraan roda dua melalui FIFGROUP berupa special merchandise, bonus voucher pulsa Rp50 ribu, serta gratis asuransi kecelakaan dini senilai Rp2,75 juta.

Terakhir, SEVA yang merupakan platform pencarian mobil baru dari berbagai brand Astra menawarkan promo menarik, yaitu cashback 1 kali angsuran dengan maksimal angsuran Rp4 juta, serta bebas 1 tahun asuransi komprehensif dari Garda Oto.

Tebar Manfaat
Kiprah Astra Financial di GIIAS 2023: Pacu Ekonomi dari Sektor Pembiayaan Otomotif

Keikutsertaan booth Astra Financial pada GIIAS 2023 tidak melulu untuk promosi ragam produk dan jasa keuangan. Berbagai aktivitas menarik dan edukatif, serta bermanfaat bagi publik dilaksanakan. Mulai dari literasi pentingnya proteksi atau asuransi lewat talkshow, penguatan literasi keuangan di kalangan jurnalis hingga program keberlanjutan melalukan program I Care I Share.

Lewat program itu, Astra Financial menghadirkan semangat keberlanjutan dan mengajak masyarakat ikut ambil bagian mewujudkan bumi yang lestari. Selama GIIAS 2023, Astra Financial juga mengedukasi pengunjung dengan membagikan kertas benih, produk dari UMKM bernama Kertas.kertasan, yang menghasilkan produk daur ulang.

Astra Financial dan Kertas.kertasan juga menggelar workshop di GIIAS 2023, dengan melibatkan pengunjung untuk merasakan mudahnya menanam kertas benih. Setiap partisipasi pengunjung dikonversikan menjadi 1 pohon yang bakal ditanam oleh Astra Financial.

Co Project Director Communication Astra Financial GIIAS 2023, Yulian Warman, menyampaikan program I Care I Share selama gelaran GIIAS 2023 merupakan wujud komitmen Astra Financial menjalankan program Enviromental and Social Responsibility (ESR). Hal itu pun telah dilaksanakan secara konsisten sejak GIIAS 2019.

"Harapannya, kami dapat mengajak pengunjung untuk turut andil aksi keberlanjutan yang berdampak pada masyarakat dan lingkungan," ujarnya.

Di luar dari ragam aktivasi menarik dan edukatif itu, Astra Financial juga sukses memeriahkan GIIAS 2023 dengan tampilan dan layanan menarik. Astra Financial berhasil memenangkan Miss Auto Show dan Booth Favorit GIIAS 2023.

OJK Apresiasi Astra Financial
Kiprah Astra Financial di GIIAS 2023: Pacu Ekonomi dari Sektor Pembiayaan Otomotif

Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Bambang W. Budiawan, menyampaikan apresiasi atas kontribusi Astra Financial dalam mendukung sektor jasa keuangan, khususnya di bidang otomotif. Partisipasi pada GIIAS 2023 pun menunjukkan komitmen dan eksistensi perusahaan itu.

Bambang mengharapkan agar OJK dapat menjadi teladan bagi perusahaan lain dalam menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan Manajemen Risiko Terintegrasi (MRT).

"Kami harap Astra Financial dapat menjadi benchmark bagi pelaku industri, khususnya dalam penerapan GCG dan risk management yang terintegrasi. Dengan demikian, stabilitas jasa sektor keuangan dapat terus terjaga di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bambang bilang sektor industri pembiayaan melanjutkan tren pertumbuhan positif hingga Semester I 2023. Bahkan, tercatat mencapai outstanding pertumbuhan sekitar 17 persen yoy dibandingkan tahun lalu. Risiko pembiayaan dilihat dari NPL pun terbilang sangat rendah, hanya berkisar 2,67 persen.

"Kami mengamati sektor industri otomotif merupakan kontributor utama sektor industri pembiayaan, dimana nilai piutang pembiayaan untuk obyek kendaraan bermotor 76,3 persen dari total nilai pembiayaan pada Juni," ungkapnya.

Bambang menyebut OJK pun menyambut positif kinerja sektor industri otomotif yang terus bertumbuh, bersamaan dengan laju pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19. Secara kumulatif, angka penjualan mobil wholesale di pasar domestik Semester I 2023 mencapai 505 ribu unit atau naik 6,51 persen, dimana tahun lalu sebesar 475 ribu unit.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru