NextDev Jadi Momentum Startup Makassar Berkembang Bersama Telkomsel

Luqman Zainuddin
Rabu, 15 Nov 2023 14:26
NextDev Jadi Momentum Startup Makassar Berkembang Bersama Telkomsel
Roadshow NextDev The Impact Incubator bersama startup lokal di Nipah Mall, Rabu (15/11/2023). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Telkomsel kembali menghadirkan program impact incubator NextDev. Program ini mendorong early-stage startup tumbuh berkelanjutan melalui pendampingan bisnis, peningkatan kapabilitas, serta peluang kolaborasi bersama ekosistem digital Telkomsel.

Sebagai pembuka NextDev tahun ini, digelar roadshow di beberapa daerah, termasuk Kota Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan pagi tadi, Rabu (15/11/2023) di Nipah Mal, Jala Urip Sumoharjo.

Roadshow NexDev di Makassar melibatkan 50-an lebih penggiat startup lokal, alumni, mentor program, dan inspiring speakers. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di tiga kota lain, yakni Yogyakarta 9 November, Palembang 29 November, dan Bali 13 Desember.

General Manager Consumer Business Telkomsel Region Sulawesi Andri Kurniawan mengatakan, NextDev merupakan upaya perseroan menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Ia optimistis, anak-anak muda Makassar pelaku startup dapat memanfaatkan program ini untuk membuka peluang kolaborasi bersama ekosistem digital Telkomsel. Selaras dengan tema NextDev ke-9 Growing to Inspire, sebagai bentuk kepercayaan kepada potensi pelaku startup di Indonesia untuk bisa berkembang dengan kuat, berdampak, dan menginspirasi.

Baca juga: Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G hingga Ragam Aktivitas Menarik di 4 Venue Piala Dunia U-17

"Hal ini sejalan dengan visi Kota Makassar menjadi kota dunia yang smart city dan menjadi teras indonesia timur. Saya berharap, startup makassar terus bertumbuh, berinovasi, dan membuat perubahan positif," ujar Andri.

Pada tahun kesembilan penyelenggaraannya, NextDev ditingkatkan dengan semangat kolaborasi di beberapa aspek, mulai dari analisis potensi kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel dalam segmen talent scouting, penyelenggaraan bootcamp intensif secara offline untuk segmen academy.

Para alumni NextDev tahun sebelumnya juga dilibatkan sebagai Co-Mentor dalam seluruh rangkaian program, format unconference di segmen talent scouting dan summit untuk diskusi yang lebih inklusif, serta NextDev Tribe community untuk memperkuat relasi dengan alumni.

Pendaftaran NextDev Talent Scouting akan dibuka secara online mulai 7 November sampai 20 Desember 2023. Sembilan startup terbaik dari empat Growing Tracks, yakni Digital Lifestyle, Commerce Enablement, Emerging Technologies, dan Digital Food Ecosystem, akan dipilih untuk meningkatkan kapabilitas, dari aspek produk, marketing, bisnis, dan investasi dalam inkubasi bisnis selama tiga bulan bersama mentor ahli NextDev Academy.

Puncak rangkaian program inkubasi akan menghadirkan konferensi tahunan NextDev Summit, yang akan menjadi panggung nominasi Best of The Best NextDev Startup. Kegiatan ini menjadi wadah bagi para peminat startup untuk mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi dan solusi digital yang dapat menginspirasi dan memberikan dampak positif berkelanjutan.



Andri menyampaikan, Telkomsel mengakomodir Digital Startup Community di Indonesia Timur khususnya Sulawesi dengan melakukan berbagai kegiatan, bersama beberapa startup lokal. Selain itu memfasilitasi layanan network yang kondusif untuk digital enthusasiasm serta hearing dan penjajakan kolaborasi dengan Bank Sampah.

"NextDev ini menjadi momentum startup Kota Makassar untuk tumbuh berkembang berkontribusi. Kita butuh the next BJ Habibie,” pungkas dia.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso mengatakan, NextDev merupakan program CSR Telkomsel yang dirancang dan diposisikan sebagai impact incubator bagi early-stage startup di Indonesia guna memiliki fundamental yang kuat serta bertumbuh dan berdampak.

NextDev menjadi pintu awal ekosistem dukungan pemberdayaan startup dari Telkomsel, yang selanjutnya mencakup program Tinc sebagai corporate accelerator, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang mendukung stabilitas startup melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang, serta INDICO sebagai anak usaha Telkomsel yang menjadi new growth engine yang memaksimalkan value creation.

Sejak 2015, program NextDev telah melibatkan lebih dari 6.200 early-stage startup dan mencatatkan hingga 143 alumni. 4 startup di antara alumni NextDev telah melanjutkan akselerasi bersama program Tinc, 7 startup telah berkolaborasi dalam proyek bersama Telkomsel, dan 12 startup telah mendapat eksposur tingkat internasional.

Salah satu startup NextDev, MyEco, dengan solusi smart home hemat listrik berbasis Internetof-Things (IoT), pada Jumat 3 November lalu telah memenangkan penghargaan Bronze Award di Singtel Group Future Makers 2023 tingkat regional Asia/Pasifik.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru