SMP Islam Athirah Berbagi Kebahagiaan dengan Ratusan Anak Yatim, Duafa & Hafiz Quran

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 28 Mar 2024 23:36
SMP Islam Athirah Berbagi Kebahagiaan dengan Ratusan Anak Yatim, Duafa & Hafiz Quran
Siswa dan siswi SMP Islam Athirah Makassar berbagi dengan anak yatim, kaum duafa, dan hafiz Quran alias penghafal Alquran. Total, ada 250 paket sembako. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - SMP Islam Athirah Makassar menggelar pesantren kilat bertajuk Athirah Jelajah Ramadan selama tiga hari. Puncaknya, pada penutupan kegiatan digelar acara 'Athirah Berbagi' di aula sekolah di Jalan Kajaolalido, Kota Makassar, Kamis (28/3/2024).

Dalam acara ini, siswa dan siswi SMP Islam Athirah Makassar berbagi dengan anak yatim, kaum duafa, dan hafiz Quran alias penghafal Alquran. Total, ada 250 paket sembako. Juga ada santunan dan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

Sebanyak 150 paket dibagikan di lokasi acara, untuk tujuh panti asuhan dan rumah tahfiz, yang dirangkaikan sekaligus berbuka puasa bersama. Sisanya kurang lebih 100 paket akan diantar langsung ke lokasi panti maupun rumah tahfiz.

Kepala SMP Islam Athirah Makassar, Nilamartini, menyampaikan kegiatan Athirah Jelajah Ramadan dan aksi berbagi dengan anak yatim, kaum duafa dan hafiz Quran merupakan agenda rutin setiap bulan suci Ramadan. Banyak pengalaman dan nilai kehidupan yang bisa diserap para siswa dan siswi.

"Athirah Jelajah Ramadan ini semacam pesantren kilat selama tiga hari. Nah, hari terakhir ada kegiatan Athirah Berbagi. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang bisa diperoleh dari sini," kata dia.

Dalam pelaksanaan Athirah Jelajah Ramadan, Nilamartini menyebut ratusan siswa dan siswi dibekali beragam materi. Adapun fokusnya sesuai dengan tema 'Menghidupkan Tauhid Menerangi Hati'. Lalu, pada acara Athirah Berbagi, para peserta didik diajar untuk berempati dan berbagi.

"Lewat kegiatan ini, anak-anak dibekali dengan berbagi pengetahuan sebagaimana tema Menghidupkan Tauhid Menerangi Hati. Lalu, anak-anak juga diajarkan bertempati dan berbagi. Jadi, mereka yang langsung menyerahkan, toh mereka juga yang berdonasi dan mempersiapkan (acara)," katanya.

Nilamartini mengapresiasi dukungan siswa dan orang tua dalam menyukseskan kegiatan ini. Adapun pembagian paket sembako, juga ditujukan untuk internal, seperti petugas kebersihan. Dalam acara ini, juga dilakukan buka puasa bersama yang dihadiri kurang lebih 400 orang, baik dari panti asuhan, siswa maupun guru dan staf SMP Islam Athirah.

Sementara itu salah seorang siswa yang juga menjadi panitia Emilia Zahrah mengatakan, pelaksanaan Athirah Jelajah Ramadan diisi dengan ragam materi menarik. Erat kaitannya dengan bulan suci Ramadan.

“Materinya terkait ma’rifatullah, muroqobatullah, dan sadar ibadah,” ujar bendahara OSIS ini.

Ia juga menyebut dalam kegiatan Athirah Berbagi, para siswa dan siswi benar-benar dilibatkan langsung. Mulai dari melakukan donasi hingga penyerahannya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru