Resmi Dibuka! ISF 2024 Libatkan 396 Pusat Perbelanjaan

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 08 Agu 2024 20:24
Resmi Dibuka! ISF 2024 Libatkan 396 Pusat Perbelanjaan
ISF 2024 yang diinisiasi oleh APPBI ini diselenggarakan secara serentak di seluruh pusat perbelanjaan yang berpartisipasi di Indonesia, mulai 8 hingga 19 Agustus 2024. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Indonesia Shopping Festival (ISF) 2024 kembali hadir memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara tahunan yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) ini diselenggarakan secara serentak di seluruh pusat perbelanjaan yang berpartisipasi di Indonesia, mulai 8 hingga 19 Agustus 2024. Tahun ini, ISF 2024 melibatkan lebih dari 396 pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia, meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 350 pusat perbelanjaan.

Di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, sejumlah mal ternama yang berada di naungan APPBI DPD Sulselbar seperti Mal Ratu Indah, NIPAH PARK, Trans Studio Mall Makassar, Phinisi Point, Mal Panakkukang, Mall GTC, Makassar Town Square, dan Panakkukang Square turut berpartisipasi dalam menyemarakkan acara ini, ditandai dengan seremoni pembukaan yang digela di Rooftop Garden NIPAH PARK, Kamis (8/8/2024).

Pembukaan dihadiri oleh perwakilan pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD Sulselbar antara lain Mal Ratu Indah, NIPAH PARK, Trans Studio Mall Makassar, Phinisi Point, Mal Panakkukang, Mall GTC, Panakkukang Square, dan Makassar Town Square. Juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem.

Ketua Umum APPBI DPD Sulselbar, Ricky Theodores mengungkapkan ISF 2024 bukan hanya sekadar ajang belanja, tetapi juga menjadi momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Antusiasme industri yang tinggi terhadap asosiasi ini menunjukkan komitmen kita untuk bersinergi. Terbukti bertambahnya pusat perbelanjaan yang berpartisipasi tahun ini yaitu Makassar Town Square. Melalui ajang ini, kita bukan hanya berkomunikasi, tetapi juga berupaya menghidupkan kembali pusat perbelanjaan yang tengah menghadapi tantangan. Tujuan utama kami adalah membangkitkan semangat berbelanja masyarakat dan mendukung pemulihan industri ritel di tengah isu pembatasan impor dan kenaikan pajak,” ujar dia.

Pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan ISF 2024. Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Dinas Pariwisata Kota Makassar turut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan acara ini.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah pembebasan pajak daerah untuk materi promosi kegiatan. Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan promosi dan eksposur kegiatan sehingga menarik lebih banyak masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian daerah dan nasional.

“Festival ini adalah contoh nyata kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat untuk bersama-sama menggerakkan roda perekonomian Indonesia,” tambah Ricky.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem menyampaikan apresiasinya dan mendukung penuh kegiatan Indonesia Shopping Festival 2024.

“Merupakan kehormatan bagi kami dapat kembali berkumpul di acara Indonesia Shopping Festival (ISF) yang spesial ini,dalam rangka merayakan HUT RI ke-79. Kami mengapresiasi kolaborasi yang kuat antara pemerintah kota Makassar, APPBI DPD Sulselbar, APPBI Pusat, dan seluruh pelaku industri yang terlibat.

Melalui ISF, kita bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor UMKM dan pariwisata. Dengan semakin banyaknya mal yang terlibat, dampak positif yang dirasakan masyarakat semakin terasa. Semoga sinergi yang baik ini terus terjalin dan semakin banyak lagi kegiatan serupa yang dapat kita laksanakan," ujar Roem.

Roem menambahkan bahwa hal luar biasa yang selalu didapatkan dari ISF ini adalah kekompakan. Sebab apabila pemerintah, industri, dan masyarakat bisa kompak maka tujuan yang akan dicapai tak akan susah.

ISF 2024 hadir dengan beragam program menarik yang siap memanjakan para pengunjung. Diskon hingga 79% untuk merayakan HUT RI ke-79 menjadi daya tarik utama. Selain itu, program "Big Shop Big Win" juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik seperti satu unit Wuling Air EV, satu unit iPhone 15, dan voucher belanja senilai Rp500.000 untuk 79 pemenang. Syaratnya cukup mudah, hanya dengan melakukan transaksi belanja minimum Rp100.000 dalam satu struk belanja yang dapat ditukarkan dengan satu nomor undian.

Meskipun festival ini berlangsung pada tanggal 8-19 Agustus 2024, tetapi pengunjung yang melakukan transaksi belanja pada 1-18 Agustus sudah bisa mendapatkan nomor undian yang akan diundi pada puncak ISF tanggal 19 Agustus 2024.

Beragam promo dan diskon menarik ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. APPBI menargetkan transaksi mencapai Rp 25 triliun selama periode festival ini.

Di tengah ketidakpastian ekonomi global, inisiatif seperti Indonesia Shopping Festival sangat penting untuk memperkuat daya tahan ekonomi domestik.

Dengan berbelanja di pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam ISF 2024, masyarakat tidak hanya mendapatkan keuntungan pribadi, tetapi juga turut berkontribusi dalam mendukung UMKM lokal dan memajukan perekonomian nasional.

“ISF diharapkan mampu merangsang pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan daya beli masyarakat. ISF juga menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat luas,” pungkas Ricky.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru