Gandeng Akademisi Unair, KALLA Gelar Talkshow dan Pemeriksaan Kesehatan

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 06 Jul 2023 20:07
Gandeng Akademisi Unair, KALLA Gelar Talkshow dan Pemeriksaan Kesehatan
KALLA menggelar Talkshow Kesehatan dengan tema Penerapan Gaya Hidup Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Sindroma Metabolik dan Kelelahan Kerja. Foto/Dok Kalla Group
Comment
Share
MAKASSAR - KALLA menggelar Talkshow Kesehatan dengan tema 'Penerapan Gaya Hidup Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Sindroma Metabolik dan Kelelahan Kerja' yang dirangkaikan dengan pengecekan kesehatan di Creative & Innovation Space, Wisma Kalla Lantai 3 pada 4-6 Juli 2023.

Kegiatan ini menghadirkan Dominikus Raditya Atmaka selaku Dosen & Peneliti Department Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dan Shintia Yunita Arini, selaku Dosen & Peneliti Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Kegiatan ini merupakan salah satu Wellbeing Program KALLA untuk meningkatkan kualitas hidup Insan Kalla sehingga dapat mengevaluasi tingkat kesehatan yang dimiliki saat ini. Dengan adanya pengecekan yang dilakukan, maka Insan Kalla dapat memperbaiki kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat.



Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, di antaranya yakni pemeriksaan kelelahan fisik, pemeriksaan biokimia darah (glukosa, asam urat dan kolesterol), pemeriksaan komposisi tubuh (persentase lemak dan otot), penilaian kebiasaan makanan dan penilaian stress berkerja.

Pemeriksaan ini diikuti oleh ratusan Insan Kalla. Tidak hanya untuk memeriksakan kesehatan tetapi juga mendapatkan konsultasi untuk menerapkan kebiasaan makan dan olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh dari hasil pemeriksaan sebelumnya.

Dominikus Raditya Atmaka selaku Dosen dan Peneliti Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga mengungkapkan bahwa secara garis besar pemeriksaan yang sudah dilakukan ke Insan Kalla. Hasilnya kurang lebih menunjukkan sejumlah responden mengarah ke sindroma metabolik karena gaya hidup yang kurang baik.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, Insan Kalla bisa meningkatkan gaya hidup yang sehat, pola makan yang seimbang (tidak tinggi gula, garam, dan lemak), menjaga kualitas tidur, meningkatkan aktifitas fisik lebih dari 150 menit per minggu, dan menjaga kesehatan mental,” tambahnya.

Shintia Yunita Arini selaku Dosen & Peneliti Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga mengungkapkan bahwa pemeriksaan yang dilakukan dapat memperlihatkan seberapa banyak massa lemak dan penumpukan lemak yang menumpuk pada organ tubuh.

“Hasil pemeriksaan yang menunjukan kekuatan otot dan kelebihan lemak pada tubuh, Insan Kalla dapat mengetahui olahraga apa yang ideal untuk dilakukan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Booth Kallafriends Hadir di MaRI, Yuk Tukar Poin dengan Hadiah Menarik

Muh. Syauki selaku People Operation Division Head menjelaskan bahwa Wellbeing Program KALLA tidak hanya sebatas memberikan kesempatan kepada Insan Kalla untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, tetapi juga memfasilitasi Insan Kalla untuk bergabung di berbagai komunitas olahraga KALLA. Di antaranya yakni Kalla Tennis Club, Kalla Basketball, Kalla Runners, Kalla Futbool, Futsal Kalla, dan Kalla Badminton.

"Tidak hanya itu, KALLA juga menghadirkan Happy Hour Program yang menghadirkan talkshow terkait Family, Parenting, Health & Wellness. Sehingga Insan Kalla dapat memiliki kesehatan dan kehidupan yang lebih berkualitas,” pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru