Mr Green Production dan CCBC Gelar Festival Makan Enak, Diramaikan Puluhan UMKM

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 04 Okt 2023 20:08
Mr Green Production dan CCBC Gelar Festival Makan Enak, Diramaikan Puluhan UMKM
Seremoni pembukaan Festival Makan Enak di Mal Phinisi Point Makassar yang digelar CCBC bersama Mr Green Production dan BRI. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Celebes Cooking and Baking Community (CCBC) Makassar menggandeng Mr Green Production dan BRI menggelar Festival Makan Enak di Mal Phinisi Point, Kota Makassar pada Rabu-Minggu (4-8/10/2023) mendatang.

Total ada 42 tenant yang berpartisipasi pada event kuliner ini, dimana 30 UMKM di antaranya merupakan anggota komunitas kuliner CCBC. Mereka menjajakan ragam kuliner tradisional hingga kekiniaan, baik itu aneka kue, makanan berat, minuman hingga es.

Ketua panitia Fitriyani Muzakkir mengatakan, ada kurang lebih 30-an UMKM anggota CCBC dari total 42 tenant yang ikut berpartisipasi pada Festival Makan Enak. Lewat kegiatan ini, pihaknya berharap UMKM lokal, khususnya member CCBC dapat lebih dikenal lebih luas dan bisa naik kelas.

"Tujuan kami gelar ini, ya salah satunya mengajak agar anggota (UMKM) CCBC naik kelas. Lewat ini kami ingin kenalkan apa itu branding dan tidak kalah dengan merek lain, makanya kami gandeng EO," ujarnya.

Adapun UMKM dari member CCBC yang hadir mengisi tenant Festival Makan Enak, antara lain yakni Es Teler Kota Daeng, Max Kitchen, Warung Mandar, dan Mandarnest/ Sementara tenant lain antara lain ada Mr Poe, Nasi.Kho, dan Alpukat Kocok Duo Big. Ada juga tenant pakaian dan kosmetik.

Ketua CCBC Susanti Mokodonga menambahkan, kegiatan ini rutin diselanggarakan oleh komunitas yang tahun ini genap berusia 9 tahun. Mulanya, nama event ini adalah pojok kuliner. Lalu, saat pandemi Covid-19 sempat ditiadakan dan baru akhirnya kembali digelar dengan skala lebih besar yang dinamai Festival Makan Enak.

"Istimewanya tahun ini kami membuat dengan lebih besar. Semoga tahun depan bisa kami selenggaarakan lagi dengan lebih meriah," ungkapnya.

Susanti juga menjelaskan CCBC merupakan komunitas dengan azas terbuka untuk pecinta kuliner. Bukan hanya pengusaha kuliner di dalamnya tapi juga penikmat kuliner. Jumlah membernya mencapai 500-an orang, tapi yang aktif dan tergabung dalam grup kurang lebih 200-an orang.

"Sekarang ini CCBC bukan lagi komunitas ecek-ecek. Sudah begitu banyak kegiatan dan kerja sama yang telah dilaksanakan," ucapnya.

Sementara itu, Andi Gunawan Syarif perwakilan dari BRI Kanwil Makassar selaku sponsor kegiatan, menyampaikan pihaknya senantiasa memberikan dukungan terhadap UMKM, baik dalam bentuk fasilitas kredit maupun fasilitas QRIS dan pembukaan rekening.

“Target kami meningkatkan pasar dan penggunaan QRIS BRI. Kami berupaya untuk bagaimana mengoptimalkan kanal digital, termasuk mengenalkan Brimo,” ujarnya.

Owner MR Green Production Rosmini Hamid mengatakan selain selama gelaran Festival Makan Enak terdapat ragam aktivasi. Mulai food festival, workshop, business, live cooking, baking demo, kids activity, gathering community, serta games dan hiburan bekerjasama dengan sekolah-sekolah. Uniknya, pembukaan ditandai dengan pemukulan wajan secara bersama.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru