Informasi Berlangganan Koran SINDO Makassar

Ja & Joy - Taman di Atas Kota Hadir di Nipah Park: Ciptakan Ruang Publik & Gerakkan UMKM

Tim Sindomakassar
Sabtu, 23 Des 2023 21:26
Ja & Joy - Taman di Atas Kota Hadir di Nipah Park: Ciptakan Ruang Publik & Gerakkan UMKM
Grand opening Ja & Joy - Taman di Atas Kota di Nipah Park akan digelar sepekan penuh, tepatnya di pengujung tahun 2023. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comments
MAKASSAR - Masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya yang ingin bersuka ria di pengujung tahun dapat mencoba ragam aktivasi menarik pada event Ja & Joy - Taman di Atas Kota di Nipah Park. Menariknya lagi, grand opening kegiatan ini berlangsung selama sepekan penuh, mulai 25 Desember hingga 31 Desember 2023.

Tidak tanggung-tanggung, event ini menghadirkan lebih dari 40 aktivasi, 15 lebih collaborators, 25 lebih performers, dan 34 lebih speakers atau pembicara. Dengan mengusung kampanye 'Bergerak ke Atas', Ja & Joy bersama Nipah Park dan seluruh stakeholder ingin bertumbuh dan berkembang melalui semangat berjejaring dan memberi pengaruh baik.

General Manager Ja & Joy, Nibraas Rezwa Adnan, menyampaikan kolaborasi dengan Nipah Park terus berlanjut atas dasar visi yang sama. Pihaknya menggelar event ini dengan tujuan menciptakan ruang yang disebutnya ruang magnetik. Hal itu merupakan kombinasi ruang publik dan ruang komersil yang bisa dinikmati oleh khalayak.

Lewat Ja & Joy - Taman di Atas Kota, Dewa-sapaan akrabnya, menyebut ingin mendorong dua hal yakni menciptakan ruang publik dan menggerakkan UMKM. Dua isu itu merupakan permasalahan klasik yang masih terus diupayakan untuk dicarikan solusi di Makassar.

Sekadar diketahui, ruang publik di Makassar hanya 7,8 persen. Masih sangat jauh di bawah ideal pada angka 30 persen. Selanjutnya, keberadaan UMKM pun belum dioptimalkan. Padahal, UMKM harusnya menjadi motor penggerak. Untuk itulah disebutnya perlu dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkannya.

"Ya, jadi ada dua isu tadi yakni ruang publik yang krisis dan UMKM sebagai generator. Nah, Ja & Joy - Taman di Atas Kota hadir menjadi solusi. Kami berupaya menciptakan ruang publik dan UMKM dibuat menjadi lebih kuat dengan kolaborasi tanpa batas," kata Dewa, saat konferensi pers persiapan grand opening Ja & Joy - Taman di Atas Kota di Nipah Park, Sabtu (23/12/2023).

Kehadiran Ja & Joy - Taman di Atas Kota dipastikannya tidak akan berhenti pada tujuh hari di pengujung tahun. Pihaknya sedang menyusun agenda dan kalender program yang menarik dan padat. Untuk itu, diajaknya masyarakat dapat menikmati event ini di pengujung tahun, apalagi kegiatan ini gratis.

Dewa mengungkapkan selama kegiatan, pihaknya akan berupaya untuk menarik pengunjung agar UMKM maupun tenant yang terlibat dapat meraup keuntungan maksimal. Berdasarkan pengalaman dan pendataan, jumlah visitor ke rooftop Nipah Park bisa mencapai 2.600 orang per hari.

Ja & Joy sudah memiliki pengalaman pada event terdahulu, dimana ada satu tenant kuliner yang mampu meraup omzet mencapai 70 juta lewat transaksi QRIS selama 25 hari. Pihaknya pun berkomitmen untuk mendapatkan trafik pengunjung maksimal agar UMKM yang terlibat dapat sukses besar.

"Tugas kita semua ya mendukung local brand," ungkapnya.

Ja & Joy - Taman di Atas Kota Hadir di Nipah Park: Ciptakan Ruang Publik & Gerakkan UMKM

Brand Marketing Communications Ja & Joy, Wahyu Al Mardhani, menambahkan melalui DNA Creative, Community, dan Culinary, pihaknya ingin menghadirkan ruang magnetik pada event kali ini. Ruang magnetik yang dimaksud melampaui ruang publik dan ruang komersial. Event ini diinginkannya menjadi tempat semua rasa bisa dirasakan.

Selama event, pihaknya membagi tiga zona yakni headquarter, roundplay, dan creativille. Event ini berkolaborasi dengan Nipah Park dengan melibatkan lebih dari 15 collaborators. Di antaranya yakni Telkomsel, Gappa Lab, Explore Makassar, Memo Dapur, Tentang Kuliner, Vandley, Superbad FC, Sediakala, dan masih banyak lagi.

Adapun 25 performers yang akan menghibur pengunjung Ja & Joy - Taman di Atas Kota tidak kalah menarik. Sebut saja yakni Kapal Udara, Ruang Baca, Surgir feat Teater ISBI, Selatan feat DB3 Voices & Kosaster, QWARTET Berkaroke, Juang Manyala Live Scoring Big Band, Karaoke Superbad x Masa Kreatif, Failurers9997, dan Rizcky De Kaizer feat OG Ovamato.

Kegiatan ini juga semakin menarik dengan ragam talkshow, idea presentation, workshop, training dan competition. Untuk talkshow dibagi dalam beberapa sesi, dimana tiap talkshow memiliki pembahasan sendiri yang spesifik.

Misalnya talkshow dengan tema Kota, Desain, dan Pengalaman Berkota menghadirkan Prof Nurdin Abdullah (mantan Gubernur Sulsel sekaligus politisi dan akademisi), Yulianti Tanyadji (Principal Architect & Urban Design Gappa Lab Studio) dan Muhammad Al Amin (Direktur Walhi Sulsel).

Lalu, ada talkshow dengan tema Wisata Gastronomi Masa Depan. Talkshow ini menghadirkan Moh Roem (Kepala Dinas Pariwisata Makassar), Ismail Bachtiar (Anggota DPRD Sulsel), dan Muh Nibraas Rezwa Adnan (Project Manager Tentang Kuliner).

Sales & Marketing General Manager Kalla Land & Property, Rasmila Sari Suaib, mendukung penuh kegiatan kolaborasi bersama Ja & Joy. Toh, kolaborasi telah lama dilakukan dan diharapkan mampu terus berlanjut pada masa mendatang.

Ia menyebut pihaknya senang dengan ide dan inovasi Ja & Joy. Lewat event kali ini, Nipah Park ingin memberikan pengalaman lebih dan berbeda bagi para pengunjung. Kegiatan ini juga diharapkan semakin menguatkan citra Nipah Park dalam menghadirkan ruang publik dan ruang terbuka hijau.

"Luar biasa ide dan inovasinya, ya sejalan dengan kami di Nipah Park. Kami memang selalu mengutamakan experience (pengunjung), sehingga ada pengalaman berbeda, punya diferensiasi dibandingkan mal lain. Ya ada aura berbeda lah," tuturnya.

Marketing & Communication Kalla Land & Property, Datu Primadona Husain, pada kesempatan itu menyebutkan kehadiran Ja & Joy - Taman di Atas Kota tentunya bakal memberikan warna baru di Nipah Park. Ke depannya diharapkan agar kolaborasi dapat terus berlanjut dengan berbagai program.

"Intinya kolaborasi ini menguntungkan kedua belah pihak, dimana mendukung eksistensi masing-masing. Intinya, nantinya akan lebih banyak kolaborasi dan kejutan," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru
Comments