Dua Lembaga Survei Terpercaya Unggulkan Appi-Aliyah di Pilwalkot Makassar 2024

Tim Sindomakassar
Selasa, 22 Okt 2024 13:55
Dua Lembaga Survei Terpercaya Unggulkan Appi-Aliyah di Pilwalkot Makassar 2024
Cawalkot Makassar, Munafri Arifuddin saat melakukan kampanye dialogis di masyarakat. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Dua lembaga survei nasional dan ternama menempatkan Pasangan Calon (Paslon) Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham (MULIA) di posisi teratas melampaui rivalnya. Menariknya, survei ini dirilis sebulan sebelum pencoblosan 27 November 2024.

Kedua lembaga tersebut ialah Survei Indikator Politik dan Parameter Publik Indonesia (PPI). Hasil survei yang turun pada Oktober 2024 itu, kompak menempatkan Paslon Appi-Aliyah kokoh di puncak.

Pada survei Indikator, Paslon MULIA unggul dengan dukungan 36.7%, diikuti pasangan Indira Jusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi Amir Uskara (INIMI) 25%.

Kemudian pasangan Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi (SEHATI) 18.9%, sedangkan pasangan Muhammad Amri Arsyid dan Abdul Rahman Bando (AMAN) mendapat dukungan 3.6%. Sisanya merupakan massa mengambang sekitar 15.9%.



Sementara pada hasil survei PPI, Paslon MULIA memiliki persentase 39,1%, disusul INIMI 19,9%, Sehati 17,7% dan AMAN 2,0%. Adapun tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 21,3%.

Juru bicara MULIA, Andi Widya Syadzwina mengatakan hasil dua lembaga survei tersebut menjadi bukti penerimaan masyarakat dan kesukaan terhadap Paslon MULIA memang tinggi.

"Inilah bukti bahwa masyarakat Kota Makassar menginginkan Pak Appi dan Ibu Aliyah memimpin Makassar. Hal ini dibuktikan hasil survei Indikator dan PPI serta juga survei yang lainnya," katanya pada Selasa (22/10/2024).

Wina juga memberikan rasionalisasi soal survei yang menempatkan MULIA pada urutan teratas. Menurutnya, konstelasi figur di Pilwalkot 2024 beda jauh dengan konfigurasi di Pilkada tahun sebelumnya.

Dimana Pilwalkot 2018 dan 2020 itu, Appi berhadapan dengan Petahana kala itu Danny Pomanto. Kondisi sekarang tidak seperti dulu karena pertarungan bebas tanpa petahana.

Sehingga posisi Appi yang berada di puncak dalam berbagai survei Pilwalkot Makassar 2024, merupakan hal yang rasional. Apalagi Ketua Golkar Makassar itu sudah ketiga kalinya bertarung di pemilihan kepala daerah.

"Jadi, kami berpesan kepada masing-masing tim, untuk seharusnya fokus saja kawal calon di Pilwali. Jangan tanggapi survei seakan menghakimi calon lain di masa lalu. Padahal perbedaan konstelasi pertarungan figur dulu tidak sama seperti figur sekarang," tegasnya.



Ia menyebutkan, penerimaan masyarakat kepada paslon MULIA sangat tinggi karena dari sisi elektabilitas (keterpilihan) dan popularitas (pengenalan) yang dikeluarkan berbagai lembaga survei sesuai fakta.

Menurutnya, dengan elektabilitas tinggi maka tingkat keterpilihannya di masyarakat juga tinggi. Kondisi demikian akan berguna diimbangi memiliki popularitas tinggi.

"Apalagi setiap hari paslon MULIA saat sosialisasi, tidak pernah sepi. Selalu ramai dihadiri masyarakat secara umum. Tentu ini semua berkat kerja-keras tim, relawan juga partai pengusung," jelasnya.

Wina menyampaikan rasa syukur karena menjelang pemungutan suara, Paslon MULIA tetap kokoh di puncak melampaui tiga rival pesaing lainnya.

"Pastinya kami sangat bersyukur ya. Karena hasil survei nasional yang dikeluarkan oleh Indikator menempatkan MULIA di posisi teratas," terangnya.

Ini membuktikan bahwa kerja-kerja Paslon dan juga semua yang ada di tim pemenangan termasuk relawan-relawan sudah berjalan dengan baik.

Selain itu, Wina juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Makassar yang telah memberikan dukungannya kepada kandidat Appi-Aliyah. Kendati demikian, sebagai tim MULIA akan terus bekerja hingga hari pencoblosan.

"Kami tidak akan berpuas diri dan akan bekerja lebih keras lagi, lebih giat lagi, lebih massif lagi. Sehingga elektoral ini hasilnya terus meningkat dan menempatkan pasangan MULIA tetap berada di puncak," tukasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Komunitas Legend Askod Solid Menangkan AMAN di Pilwali Makassar
Makassar City
Komunitas Legend Askod Solid Menangkan AMAN di Pilwali Makassar
Komunitas Legend Askod resmi menyatakan dukungan untuk pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid - Abdul Rahman Bando.
Selasa, 22 Okt 2024 12:41
Andi Sudirman Apresiasi Kerja Keras Tim Andalan Hati, Ingatkan Tetap Rendah Hati
Sulsel
Andi Sudirman Apresiasi Kerja Keras Tim Andalan Hati, Ingatkan Tetap Rendah Hati
Calon Gubernur Sulsel nomor urut 02, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi seluruh tim pemenangannya yang telah bekerja dengan baik untuk memastikan kemenangan di Pilgub Sulsel 2024.
Senin, 21 Okt 2024 21:47
Di Depan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Amri Arsyid: Keberagaman Sumber Kekuatan
Makassar City
Di Depan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Amri Arsyid: Keberagaman Sumber Kekuatan
Calon Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid hadir sebagai pemateri dalam diskusi bertema "Kepemimpinan yang Berprinsip" digelar Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Kota Makassar pada Senin, (21/10/2024).
Senin, 21 Okt 2024 20:15
Serahkan Ambulans dan Fogging, Komitmen Perindo Makassar Menangkan MULIA di Pilwalkot
Makassar City
Serahkan Ambulans dan Fogging, Komitmen Perindo Makassar Menangkan MULIA di Pilwalkot
Partai Perindo Kota Makassar komitmen mengantarkan pasangan calon (Paslon) Munafri Arifuddin - Aliyah Mustika Ilham (Appi-Aliyah) memenangkan Pilwalkot 2024.
Senin, 21 Okt 2024 19:45
Mulia Creative Hub, Terobosan Appi-Aliyah Siap Hadir di Semua Kecamatan Kota Makassar
Makassar City
Mulia Creative Hub, Terobosan Appi-Aliyah Siap Hadir di Semua Kecamatan Kota Makassar
Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar dari nomor urut 1, Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham kembali menyapa anak muda Makassar melalui program Gen Mulia Keliling Kota.
Senin, 21 Okt 2024 12:44
Berita Terbaru