IPEKA CPI Makassar Resmi Dibuka, Siap Bentuk Murid Unggul dan Berkarakter

Luqman Zainuddin
Sabtu, 02 Sep 2023 17:19
IPEKA CPI Makassar Resmi Dibuka, Siap Bentuk Murid Unggul dan Berkarakter
Grand opening Sekolah Kristen Ipeka CPI Makassar, Sabtu (2/9/2023). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Sekolah Kristen IPEKA Center Point of Indonesia (CPI) Makassar secara resmi dibuka. Grand opening sekolah berstandar internasional ini dilaksanakan pagi tadi, Sabtu (2/9/2023).

Hadir pada grand opening Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Ketua DPRD Makassar, Ketua Yayasan IPEKA Erwin Tenggono, Direktur Utama IPEKA Pdt Handojo, Direktur Sekolah Internasional Susanti, serta sejumlah pimpinan IPEKA.

IPEKA CPI saat ini melayani jenjang Nursery dan Kindergarten (Early Childhood), Junior High School (Grade 7), serta Senior High School (Grade 10). Pada Tahun Pelajaran 2024/2025, IPEKA CPI juga akan melayani murid jenjang Elementary dari Grade 1-4.

Ketua Yayasan IPEKA Erwin Tenggono menyampaikan, bangunan baru Ipeka CPI ini hadir setelah 25 tahun IPEKA pertama kali hadir di Andalas.



"25 tahun lalu IPEKA hadir di Andalas. Kita bahagia sekarang gedung ini ada. Perasaan yang sama saya yakin juga sama saat Andalas dibangun dulu," kata Erwin sesaat sebelum pembunyian sirine grand opening.

Erwin bilang, setidaknya ada tiga hal yang diharapkan terwujud dari kehadiran IPEKA CPI ini. Pertama, karakter murid terbangun dengan baik, sehingga bisa berkontribusi bagi bangsa.

Kedua, murid bisa menemukan potensi terbaik dalam dirinya lewat kurikulum yang dijalankan oleh IPEKA CPI. Ketiga, siswa memiliki pemikiran yang kreatif, adaptif terhadap teknologi, dan memiliki banyak pengetahuan.

"Bangunan bisa pudar, anak-anak tidak akan pudar, mereka akan bersinar hingga dewasa," beber Erwin.



Direktur Sekolah Kristen IPEKA CPI, Susanti lebih rinci menjelaskan. Sekolah ini menerapkan IPEKA Christian Education (ICE) Curriculum. Kurikulum ini mengintegrasikan iman dan ilmu, yaitu pandangan Alkitabiah dengan kurikulum Pearson Edexcel dan Kurikulum Merdeka.

“Murid-murid IPEKA diharapkan tidak hanya berprestasi dan unggul secara akademis, tetapi juga memiliki iman kepada Yesus Kristus, memiliki karakter yang baik, dapat bekerja sama dengan baik, serta memiliki critical thinking, sehingga lulusan IPEKA menjadi pribadi yang tangguh di masa depan,” ujar Susanti.

Kurikulum IPEKA CPI diperkaya lima pilar keunggulan yang dipandu standar pembelajaran internasional. Pilar unggulan ini disebut iLEAD, yang fokus pada internal growth (pertumbuhan internal), leadership (kepemimpinan), entrepreneurship (kewirausahaan), language acquisition (penguasaan bahasa), dan digital literacy (literasi digital).

IPEKA memanfaatkan berbagai bentuk teknologi dalam pembelajaran, seperti Google for Education dan Chromebook. Sumber pembelajaran seperti buku dan bahan referensi lainnya diberikan dalam bentuk digital dan dapat diakses melalui internet.



Sekolah ini juga menerapkan program penguasaan bahasa asing yang memungkinkan murid menguasai bahasa Inggris dan Mandarin. Sehingga murid lebih dari siap untuk berkomunikasi dengan baik di lingkungan global.

Ada beragam fasilitas di IPEKA CPI yang mendukung kegiatan belajar dan pengembangan diri para murid. Di antaranya Grand Chapel, STEM Laboratory, Sciences Laboratory (Physics, Chemistry, Biology), Digitech Laboratory, dan Health Center.

Sarana olahraga seperti Lapangan Basket dan Voli juga tersedia untuk kegiatan murid. Selain itu, kegiatan seni juga didukung dengan adanya Creative Art Workshop, Blackbox Theater, Music Studio, Ballet Studio, dan Culinary Studio.

Susanti bilang, penerimaan siswa dibuka secara umum. Artinya tidak harus berasal dari salah satu jenjang pendidikan IPEKA. Begitupun soal agama. Tak hanya Kristen, IPEKA menerima siswa dari agama apapun. "Selama siswa memenuhi syarat," pungkas Susanti.



Tiap tahunnya, IPEKA di Makassar meluluskan tidak kurang dari 600.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru