Wali Kota Makassar Yakin Penurunan Stunting 2024 Capai Target Nasional

Tim Sindomakassar
Selasa, 05 Sep 2023 16:14
Wali Kota Makassar Yakin Penurunan Stunting 2024 Capai Target Nasional
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, menyampaikan bahwa penurunan angka stunting di wilayahnya tahun 2024 akan sesuai target nasional.

"Kita tidak ingin anak-anak kita menjadi stunting. Jadi, dengan momen Hari Keluarga Nasional ke-30 ini saya mengajak dan berkomitmen bersama-sama di tahun 2024 angka stunting Kota Makassar akan mencapai target (14 persen) yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ujar Wali Kota.

Tekad itu diungkapkan Wali Kota yang akrab disapa Danny Pomanto itu pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tingkat Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Senin (4/9/2023).



Diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Makassar, acara tersebut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Forkopimda Kota Makassar, Kepala SKPD se-Kota Makassar, Camat dan Penyuluh KB, Pembina Pembantu KB Desa (PPKBD), Sub PPKBD dan Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Wali Kota mengatakan, sudah sepatutnya pemerintah daerah mengutamakan, memprioritaskan dan mengapresiasi para Penyuluh Lapangan KB (PLKB) dan Kader KB serta PPKBD dan Sub PPKBD.

"Mereka adalah ujung tombak di lapangan untuk menghasilkan generasi yang kuat dan bebas stunting di Kota Makassar," kata dia.



Wali Kota mengajak seluruh sektor, bukan hanya Dinas KB, untuk menyatukan kekuatan, melalukan kolaborasi dan bahu membahu menuju Kota Makassar yang zero stunting demi membangun generasi yang kuat ke depan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan, Shodiqin dalam sambutannya mengatakan, Harganas tingkat Kota Makassar menjadi momentum memperkokoh ingatan dan kesadaran bahwa keluarga adalah lembaga terkecil dalam masyarakat yang memiliki nilai strategis dalam mewujudkan generasi unggul.

Untuk mewujudkan kondisi itu, keluarga harus memperhatikan tumbuh kembang anak agar tidak stunting.



"Dengan memberikan asupan gizi yang baik pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, kita turut aktif dalam menyiapkan generasi unggul," ujar Shodiqin.

Adapun peringatan Harganas tahun ini dirangkai dengan Penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada PLKB, Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) Kota Makassar, Penyerahan Bahan Makanan Tinggi Protein bagi Anak Asuh Stunting.

Launching Mobil Operasional Pengendali Stunting (Mobil Stunting Care) dan Ajang Promosi, Sosialiasai KIE Pelayanan KB Gratis, ikut mewarnai acara tersebut.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru