Pemkab Luwu Rancang Rumah Sakit Regional Dibangun di Bua

Chaeruddin
Rabu, 10 Jan 2024 22:26
Pemkab Luwu Rancang Rumah Sakit Regional Dibangun di Bua
Kepala Bappelitbangda, Moch Arsal Arsyad menyampaikan rencana pembangunan rumah sakit skala regional di Kecamatan Bua di FKP RPJPD Luwu 2025-2045. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu tengah merancang pembangunan rumah sakit umum skala regional di Kecamatan Bua.

Rencana ini terungkap dalam FKP (Forum Konsultasi Publik) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Luwu tahun 2025-2045 di Aula Bappelitbangda pada Rabu (10/1/2024).

Kepala Bappelitbangda, Moch Arsal Arsyad menerangkan Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, telah lama merancang hal tersebut dan telah disampaikan ke Gubernur Sulsel sebelumnya, Andi Sudirman Sulaiman.

"Bupati Luwu, sudah menyampaikan sekaligus bermohon ke Pemprov Sulsel, melalui Gubernur Sulsel sebelumnya, Andi Sudirman Sulaiman. Saya dan beberapa kepala OPD hadir mendampingi bupati saat itu," ujarnya.

"Namun karena periode Andi Sudirman Sulaiman saat itu akan berakhir sehingga rencana ini, disarankan untuk dibahas dengan Pj Gubernur Sulsel dan itu sudah dijalankan," lanjutnya.

Arsal menjelaskan, rencana ini mendapat tanggapan baik oleh Pemprov Sulsel. Olehnya itu, rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Regional Sulsel di Kecamatan Bua, tertuang dalam RPJPD Kabupaten Luwu 2025-2045.

"Lahan milik Pemkab Luwu masih luas di Desa Puty Kecamatan Bua. Lokasinya sangat strategis dan akan menjadi kawasan perkotaan baru di Kecamatan Bua, kedepannya," tuturnya.

Mewakili Kepala Bappelitbangda Sulsel, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Ukrima Rijal, menyampaikan pembangunan Rumah Sakit Regional di Kecamatan Bua memang sangat strategis dari segi wilayah dan kepadatan penduduk.

"Sulsel telah membangun 6 rumah sakit regional, 2 diantaranya Bone dan Parepare yang berhasil. Khusus untuk Luwu, silahkan dibahas secara teknis, nanti, dalam RPJPD Provinsi akan dimasukan secara makro," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru