Jurus PLN Icon Plus Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini ke Pelajar Makassar

Tri Yari Kurniawan
Senin, 06 Mei 2024 16:14
Jurus PLN Icon Plus Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini ke Pelajar Makassar
Manajemen PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT bersama pihak SMK SMTI Makassar menanam pucuk merah di momen Hardiknas. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan, sekaligus menekan emisi karbon. Hal itu dilaksanakan dengan melibatkan mitra atau stakeholder, bahkan generasi muda.

Salah satu jurus program 'hijau' dari PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi ialah menggelar Lomba Tanam Pucuk Merah untuk para pelajar SMK-SMTI Makassar. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Gerakan Menanam Pucuk Merah di sekolah itu pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei lalu.

General Manager SBU Regional Sulawesi dan IBT, Rizky Ardiana Bayuwerti, menyampaikan perlombaan itu merupakan upaya menanamkan sejak dini kecintaan lingkungan kepada para pelajar. Hal tersebut juga selaras dengan program PLN Icon Plus, khususnya pada pilar Iconnectivity for Green.

"Menanam pohon merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan udara yang bersih bagi generasi penerus bangsa. Kegiatan menanam pucuk merah ini juga kami lombakan kepada siswa dan siswi SMK-SMTI Makassar, agar mereka dapat dengan dini turut menjaga kelestarian bumi," kata Rizky.

Lomba Menanam Pucuk Merah ini berlangsung terhitung 2 Mei hingga 1 Juni 2024. Adapun syaratnya hanya ditujukan bagi pelajar SMK-SMTI Makassar, dimana peserta wajib mengikuti akun Instagram @pln.iconplus, @pln.iconplus_sulawesi dan @iconnet.sulawesi.

Selanjutnya setelah menanam pucuk merah, peserta wajib mengunggah foto atau video cerita berkebun minimal sekali per pekan sepanjang periode lomba. Unggahan itu harus mention ke akun Instagram @pln.iconplus dan @pln.iconplus_sulawesi.

Dalam postingan Instagram, peserta jangan lupa memasang sejumlah hastag. Di antaranya yakni #plniconplus, #PLNIconplusgoestoschool, #haripendidikan, #tanamanpucukmerah, dan #iconnectivityforgreen. Pemenang lomba akan diumumkan pada 7 Juni mendatang.

Rizky menyebut penetapan pemenang ditentukan berdasarkan keaktifan di media sosial, dan hasil perawatan tanaman. Peserta disebutnya bebas berkreasi sesuai dengan ketersediaan ruang masing-masing. Bisa menanam di pekarangan rumah, pot/polybag, indoor maupun rooftop.

"Pemenang akan mendapatkan Sertifikat Juara Lomba Berkebun dan hadiah menarik," tutur Rezky.

Dalam momentum Hardiknas lalu, PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT menggelar beragam kegiatan positif. Di antaranya yakni menanam 85 tanaman pucuk merah, sebagai bagian dari penanaman 1.000 pohon secara nasional dan program PLN Icon Plus Goes To School berupa memberikan edukasi ke pelajar serta bantuan CCTV dan router.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, sebelumnya memberikan apresiasi atas ragam kegiatan yang berlangsung serentak di beberapa daerah lingkup Indonesia. Didorongnya agar PLN Icon Plus untuk dapat lebih banyak menjalin sinergitas dengan dunia Pendidikan.

“Sinergi dengan dunia pendidikan diharapkan dapat menciptakan keselarasan antara dunia industri dan pendidikan sehingga dunia pendidikan melahirkan lulusan yang siap kerja, memiliki kompetensi dan keahlian mumpuni sesuai kebutuhan industri,” tuturnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru