5.272 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Seleksi Jalur Mandiri UNM

Luqman Zainuddin
Selasa, 02 Jul 2024 18:05
5.272 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Seleksi Jalur Mandiri UNM
Rektor UNM Prof Karta Jayadi memberikan keterangan kepada awak media usai meninjau pelaksanaan ujian jalur mandiri, Selasa (2/7/2024). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak 5.272 calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi jalur mandiri Universitas Negeri Makassar (UNM) 2024. Ujian berlangsung dua hari, Selasa-Rabu, 2-3 Juli.

Ribuan calon mahasiswa itu mengikuti ujian di belasan lokasi berbeda. Ujian hari pertama dilaksanakan di 16 titik. Sementara hari kedua akan berlangsung di Menara Pinisi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Psikologi, dan Gedung PPs.

UNM Menggunakan 35 ruangan selama proses seleksi mandiri dengan 825 komputer. Penyelenggara juga melibatkan 737 pengawas.

Terdapat 10 jurusan yang paling diminati pada jalur mandiri 2024. Masing-masing adalah Manajemen; Pendidikan Guru SD; Psikologi; Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi; serta Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.



Lima jurusan selanjutnya adalah Teknik Komputer; Bimbingan dan Konseling; Akuntansi; Administrasi Kesehatan; dan Gizi.

Rektor UNM Prof Karta Jayadi menekankan pentingnya transparansi dan keadilan dalam proses seleksi. Hal ini guna memastikan bahwa mahasiswa yang terpilih adalah yang terbaik, serta sesuai dengan standar akademik UNM.

“Harapan kita semua pimpinan unit kerja di UNM bisa maksimal mengawal proses ini, sehingga bisa berjalan dengan baik,” ujar Prof Karta dalam sesi jumpa pers usai meninjau pelaksanaan ujian.

Lebih lanjut Prof Karta menyebutkan, UNM berkomitmen menjaga kualitas dan integritas dalam proses penerimaan mahasiswa baru.



Menurutnya, Hasil seleksi akan membawa generasi baru yang siap berkontribusi secara positif di lingkungan akademik UNM dan masyarakat luas.

Ketua Panitia UTBK Jalur Mandiri UNM 2024, Prof Suwardi Annas menyampaikan progres teknis di lapangan sampai saat ini masih berjalan kondusif.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil seleksi jalur mandiri yang dinyatakan lulus seleksi rencananya akan diumumkan pada 12 Juli 2024 melalui laman http://pengumuman.unm.ac.id/.

Sesuai kuota PMB tahun ini, UNM akan menerima sebanyak 11.424 mahasiswa baru. Rinciannya Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 4.593 orang, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 3.354 orang, dan Jalur Mandiri 3.469 orang.



Kendati begitu, kuota penerimaan ini masih fluktuatif. Sebab berdasarkan Permendikbud, jika kuota pada jalur tertentu tak terpenuhi, maka dapat dipindahkan ke kuota jalur selanjutnya. Artinya, pada jalur mandiri, UNM bisa menerima lebih banyak daripada kuota.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru