KPPU RI Godok Calon Pimpinan Wilayah VI Makassar, 3 Nama Ini Berpeluang

Luqman Zainuddin
Senin, 05 Agu 2024 11:25
KPPU RI Godok Calon Pimpinan Wilayah VI Makassar, 3 Nama Ini Berpeluang
Ketua KPPU RI Fanshurullah Asa ketika diwawancara di Kota Makassar. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI tengah menggodok calon pimpinan Wilayah VI Makassar. Posisi ini kosong sejak pejabat lama, Hilman Pujana 'naik kelas' ke KPPU RI.

Ketua KPPU RI Fanshurullah Asa menyampaikan, ada sejumlah nama yang masuk dalam radar calon Ketua KPPU Wilayah VI Makassar. Tiga di antaranya merupakan Eselon III yang saat ini bertugas di Kanwil VI Makassar.

"Ada peluang, semua masuk peluang. Tapi tentu yang paham soal daerah itu lebih bagus. Iya termasuk juga 3 kabid yang di Kanwil Makassar sekarang, punya peluang," jelas Fanshurullah ketika berada di Kota Makassar, seperti dalam siaran pers yang diterima SINDO Makassar.

Tiga pejabat tersebut adalah Charisma Desta Ardiansyah (Kabid Penegakan Hukum), Hasiholan Pasaribu (Kabid Kajian dan Advokasi), dan Dahliana Tanur (Kabag Administrasi).



Fanshurullah bilang, dalam pemilihan Kepala Kanwil baru, KPPU membuka peluang bagi semua pihak yang memenuhi kualifikasi. Namun, kandidat yang memahami kondisi daerah akan memiliki nilai lebih. Diketahui, posisi Kepala KPPU Wilayah VI cukup lama kosong.

Saat ini, jabatan tersebut dipegang oleh Pelaksana Harian (Plh) yang ditunjuk oleh kesekretariatan jenderal KPPU. Belum adanya pejabat defenitif usai ditinggal Hilman Pujana ini disebabkan adanya perubahan nomenklatur yang masih menunggu keputusan dari Presiden.

"Kalau sudah ditandatangani oleh Presiden, semoga Agustus ini bisa dilantik (Kepala Kanwil). Kalau itu jadi, semoga Agustus sudah ada yang definitif," sambung Fanshurullah.

Nomenklatur yang dimaksud yaitu pemekaran wilayah kerja di KPPU Kanwil VI dari sebelumnya mencakup wilayah Sulawesi Maluku dan Papua. Kini, akan dimekarkan menjadi dua kanwil, masing-masing Kantor Wilayah Sulawesi dan Kantor Wilayah Maluku Papua.



Meski demikian, Ketua KPPU RI menyebut, keputusan akhir tetap berada di tangan pimpinan KPPU dan Presiden. Masyarakat dan pelaku usaha di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya berharap agar proses pengisian jabatan ini dapat segera rampung.

"Sehingga KPPU Kanwil VI Makassar dapat kembali beroperasi secara optimal dalam mengawasi persaingan usaha di wilayah tersebut," tutup Fanshurullah.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru