Unhas Sambut 9.171 Mahasiswa Baru pada PKKMB 2024

Tri Yari Kurniawan
Senin, 12 Agu 2024 18:45
Unhas Sambut 9.171 Mahasiswa Baru pada PKKMB 2024
Unhas menyambut 9.171 mahasiswa baru pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 di JK Arenatorium, Kampus Tamalanrea. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) menyambut 9.171 mahasiswa baru pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 di JK Arenatorium, Kampus Tamalanrea, pada Senin (12/8/2024).

Jumlah mahasiswa baru tersebut terdiri dari program sarjana dan sekolah vokasi.

Wakil Rektor I Unhas, Prof Muhammad Ruslin, menyebutkan bahwa 83 ribu orang bersaing untuk masuk Unhas tahun ini, dengan rasio 1 berbanding 9 dari total mahasiswa baru yang diterima.

Prof Muhammad Ruslin menjelaskan bahwa PKKMB adalah proses awal penerimaan mahasiswa baru di Unhas, yang melibatkan tingkat universitas, fakultas, dan departemen.

"Diharapkan mahasiswa baru Unhas berproses dalam memberikan kontribusi karya untuk memajukan Indonesia," ujar Prof Muhammad Ruslin dalam laporannya.

PKKMB akan berlangsung hingga 14 Agustus 2024, dan dilanjutkan dengan Unhas Day pada 15 Agustus 2024.

Unhas Day merupakan ajang pengenalan minat dan bakat yang terangkum dalam unit-unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas.

"Unhas saat ini memiliki kurang lebih 37 UKM dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari olahraga, penalaran, seni, hingga kegiatan kemanusiaan," ungkapnya.

Unhas Day juga akan memperkenalkan web supporting yang ada dalam lingkup Unhas, seperti perpustakaan dan Unhas Press.

"Mahasiswa baru juga akan mengikuti basic learning skills character creativity yang kami sebut dengan 'ballance', yang dilakukan setiap hari Sabtu selama 4 pekan," ujarnya.

Ribuan mahasiswa baru Unhas secara serentak mengikrarkan pakta integritas pada PKKMB 2024.

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa, memulai sambutannya dengan memperkenalkan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas.

Prof JJ-sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa pakta integritas adalah bagian dari pegangan bersama dalam menjaga iklim kampus yang kondusif.

Menurutnya, ada hal-hal dalam kampus Unhas yang harus diikuti, baik hak maupun kewajiban mahasiswa.

Prof JJ mengajak peran orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka selama masa kritis atau masa produktif tersebut.

"Kita punya tujuan. Tujuan kita kuliah adalah untuk menjadi insan cendekia yang berkarakter," kata dia.

Prof JJ juga mengajak untuk menciptakan kehidupan kampus yang secara akademik lebih ilmiah.

"Anda masuk di Universitas bukanlah Universitas biasa. Kita adalah Universitas luar biasa, dan kita harus meyakinkannya," ungkap Prof. Jompa.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Jompa menegaskan bahwa mahasiswa Unhas harus berbasis pada prestasi.

Bukan berarti mahasiswa tidak boleh aktif dalam organisasi kelembagaan, tetapi organisasi kelembagaan Unhas saat ini sudah masuk dalam kegiatan akademik.

"Pengembangan berbagai kegiatan di luar yang rutin juga dihitung sebagai kegiatan akademik," ujarnya.

Dirinya mengingatkan bahwa masuk Unhas bukan hanya sekadar mengikuti ritme, melainkan sebuah jalan untuk menjadi lebih baik.

Daya tampung Unhas tahun 2024 sebanyak 11.427 mahasiswa, dengan 9.171 mahasiswa baru yang sudah diterima.

Rinciannya, 2.620 mahasiswa lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 5.164 mahasiswa dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri masih berproses di angka 1.387 mahasiswa baru.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru