Pertamina Sulawesi & Polda Sulsel Jalin Kerja Pengamanan Obvitnas

Tim Sindomakassar
Selasa, 20 Agu 2024 10:25
Pertamina Sulawesi & Polda Sulsel Jalin Kerja Pengamanan Obvitnas
Penandatangan kerja sama pengamanan obvitnas dilakukan oleh Region Manager S&D PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi Widhi Purbo Nugroho dan Dirpamobvit Polda Sulsel Kombes Pol M Iftah Falahadin.
Comment
Share
MAKASSAR - Pertamina Patra Niaga Sulawesi memperluas kerja sama pengamanan objek vital nasional (obvitnas). Setelah menjalin kerja sama dengan Polda Gorontalo, kolaborasi serupa dijalin dengan Polda Sulsel. Acara penandatanganan kerja sama ini berlangsung di Kantor Unit PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, akhir pekan lalu.

Obvitnas adalah objek-objek yang memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian, politik, sosial, dan pertahanan-keamanan negara. Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia, mengelola berbagai obvitnas yang sangat penting bagi keberlangsungan pasokan energi di tanah air, seperti kilang minyak, terminal penyimpanan, dan jaringan distribusi.

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Region Manager S&D PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi Widhi Purbo Nugroho, dan Dirpamobvit Polda Sulsel Kombes Pol M Iftah Falahadin. Dalam acara tersebut, Iftah mengatakan sudah menjadi tanggungjawabnya dalam mengamankan objek vital nasional yang berada di bawah naungan Polda Sulsel.

“Sejatinya sebelum adanya kerja sama ini, kami senantiasa sudah berupaya untuk mengamankan obvitnas yang berada di wilayah Sulsel, tapi dengan adanya kerja sama ini merupakan langkah penting untuk memastikan lagi fasilitas-fasilitas strategis yang vital bagi kepentingan nasional terlindungi secara optimal,” ujar Iftah.

Widhi ikut menambahkan bahwa kerja sama ini akan diperluas di beberapa provinsi lainnya di Sulawesi selain di Gorontalo dan Sulawesi Selatan yang sudah dilakukan.

“Setelah ini akan kami lakukan juga Kerjasama dengan Polda di Sulut, Sultra, Sulteng dan Sulbar guna memperkuat pengamanan unit lokasi kami yang operasionalnya penerimaan, penimbunan dan pendistribusian BBM dan LPG bagi kebutuhan masyarakat,” ujar Widhi.

Widhi menambahkan obvitnas yang dikerjasamakan untuk wilayah Sulsel mencakup Integrated Terminal Makassar, Fuel Terima Parepare, dan Fuel Terminal Palopo.

Pada kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relation, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, mengatakan peran serta masyarakat dalam pengamanan obvitnas juga sangat dibutuhkan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan aktivitas mencurigakan yang dapat membahayakan obvitnas, dengan demikian masyarakat juga ikut mendukung program keamanan ini guna keselamatan kita bersama," pungkas Fahrougi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru