Ukir Sejarah! Unhas jadi Kampus Pertama di Luar Jawa Raih Juara Umum Pimnas

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 20 Okt 2024 08:36
Ukir Sejarah! Unhas jadi Kampus Pertama di Luar Jawa Raih Juara Umum Pimnas
Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa bersama jajaran pimpinan menyambut langsung dan menerima Piala Adikarta Kertawidya dari kontingen Pimnas Unhas. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) sukses meraih gelar juara umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 tahun 2024. Atas prestasi itu, Unhas menyabet piala Adikarta Kertawidya.

Capaian itu sangat luar biasa, dimana Unhas berhasil mengukir sejarah dan memecahkan rekor sebagai kampus pertama di luar Pulau Jawa yang berhasil menjadi juara umum Pimnas.

Kontingen Pimnas Unhas yang tiba di Makassar pada, Sabtu 19 Oktober 2024 malam pun langsung disambut meriah oleh pimpinan kampus di Hotel Unhas. Hadir langsung Rektor Prof Jamaluddin Jompa yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kontingen Pimnas Unhas.

“Ini sejarah! momentum ini menjadi catatan bahwa Unhas bisa membawa piala ini keluar dari pulau Jawa,” kata dia kepada wartawan usai menyambut kontingen Pimnas Unhas di Hotel Unhas, Sabtu 19 Oktober 2024 malam.

“Untuk pertama kalinya, piala ini keluar dari Pulau Jawa, kita lihat di Piala ini tulisannya semua universitas dari Pulau Jawa,” sambung Prof JJ-sapaan akrabnya.

Menurut dia, keberhasilan Unhas meraih juara umum Pimnas akan menjadi penyemangat bagi perguruan tinggi di Indonesia Timur. Unhas telah membuktikan dengan kerja cerdas, kerja keras, penuh dedikasi, dengan semangat kekompakan, maka tidak ada yang tidak mungkin.

“Dari perhitungan di atas meja Unhas tidak mungkin juara, namun ternyata sudah terjadi. Inilah yang perlu untuk menjadi penyemangat buat mahasiswa-mahasiswa kita, bahwa tidak ada istilah, kita adalah dari kampung, dari daerah,” jelas Pro JJ.

Pada Pimnas ke-37 ini, Unhas tampil gemilang dengan meraih total 19 medali yang terdiri dari 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Pimnas 37, yang berlangsung dari 14 hingga 19 Oktober 2024, diikuti oleh 528 tim dari 118 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dengan pencapaian ini, Unhas semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa.

Berikut adalah rincian perolehan penghargaan Tim Unhas pada Pimnas 37:

Penghargaan Mahasiswa Bertalenta: 3 orang

Kategori Poster:
# Medali Perunggu: 1
# Medali Perak: 3
# Medali Emas: 3
# Juara Favorit: 1

Kategori Presentasi:
# Medali Perunggu: 3
# Medali Perak: 3
# Medali Emas: 6
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru