Jelang Lebaran di Sulawesi: Konsumsi LPG Diprediksi Bertambah 2,5%, Avtur Naik 4,1%

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 14 Apr 2023 23:13
Jelang Lebaran di Sulawesi: Konsumsi LPG Diprediksi Bertambah 2,5%, Avtur Naik 4,1%
Manajemen Pertamina Patra Niaga menggelar konferensi pers mengenai kesiapan sekaligus proyeksi konsumsi BBM dan LPG selama Ramadan dan menjelang Lebaran 1444 H/2023 M. Foto/SINDO Makassar/Muchtamir Za
Comment
Share
MAKASSAR - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menjamin ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) di wilayahnya selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran 1444 H/2023 M. Pertamina juga telah memprediksi konsumsi penggunaan BBM dan LPG menjelang Lebaran.

"Pertamina memastikan dan menjamin ketersediaan BBM dan LPG di Sulawesi aman, sehingga masyarakat bisa mudik Lebaran dengan aman dan nyaman bersama keluarga," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, saat konferensi pers di salah satu kafe di Kota Makassar, Jumat (14/4/2023).



Erwin mengimbuhkan pihaknya juga sudah melakukan proyeksi dan kalkulasi penggunaan BBM dan LPG. Di sektor transportasi, konsumsi gasoline seperti Pertalite dan Pertamax diperkirakan meningkat 5% dari rata-rata konsumsi normal sekitar 7.300-an kiloliter per hari. Begitu juga dengan konsumsi Gasoil diprediksi naik 2,4% dari rata-rata konsumsi normal 3.285 kiloliter per hari.

"(Konsumsi) Avtur juga diperkirakan naik 4,1 persen, seiring dengan adanya peningkatan frekuensi penerbangan," ucap dia.

Selanjutnya, konsumsi LPG pun diperkirakan mengalami peningkatan 2,5% dari rata-rata penggunaan normal sekitar 1.800 metrik ton per hari. Khusus untuk penggunaan LPG 3 kg alias subsidi juga diperkirakan naik 2,7% dari konsumsi normal harian.

"Untuk sektor industri, diperkirakan ada penurunan konsumsi biosolar 7% dari rata-rata konsumsi normal," tuturnya.

Menurut Erwin, proyeksi dan kalkulasi penggunaan BBM dan LPG dilakukan merujuk data melalui konsumsi normal pada bulan sebelumnya pada tahun ini. Berdasarkan data realisasi konsumsi selama Januari hingga Maret 2023.



Guna menjaga pasokan BBM dan LPG, Erwin menyebut Pertamina sudah menjalin koordinasi dengan berbagai pihak dan melakukan berbagai upaya. Mulai melakukan built up stock hingga pembentukan satuan tugas.

Guna mengatasi hal itu, ia bilang pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari cover stock, pembentukan Satuan Tugas, hingga berkoordinasi dengan stakeholder terkait.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru