Dukung Industri Pelabuhan Indonesia, PT BIMA & Pertamina Lubricants Kerja Sama Pengadaan Pelumas

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 10 Mei 2023 15:54
Dukung Industri Pelabuhan Indonesia, PT BIMA & Pertamina Lubricants Kerja Sama Pengadaan Pelumas
Suasana penandatanganan kerja sama antara PT BIMA dan PT Pertamina Lubricants dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai 7, Gedung PT Pelindo Regional 4, Kota Makassar pada Rabu (10/5/2023). Foto/Tri Yari
Comment
Share
MAKASSAR - Perusahaan maintenance, port engineering PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA) dan PT Pertamina Lubricants meneken perjanjian kerja sama pengadaan minyak pelumas dan grease di seluruh lingkungan PT Pelabuhan Indonesia alias Pelindo (Persero) Group. Kerja sama itu diharapkan mampu mendukung pengembangan industri pelabuhan Indonesia.

Penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai 7, Gedung PT Pelindo Regional 4, Kota Makassar pada Rabu (10/5/2023). Perjanjian tersebut diteken oleh Vitus Satoto Putro Bekti Widianto, Plt. Direktur Utama PT BIMA dan Sari Istiani Rachmi, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants. Turut disaksikan secara langsung oleh Direktur Strategi dan Teknik Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Arief Prabowo.



Melalui kerjasama ini, PT BIMA dan Pertamina Lubricants akan menyediakan pelumas berkualitas tinggi untuk mesin dan peralatan di lingkungan pelabuhan, termasuk kapal-kapal yang masuk dan keluar dari pelabuhan. Pelumas yang disiapkan khusus untuk memenuhi kebutuhan dan spesifikasi mesin dan peralatan di lingkungan pelabuhan melalui PT BIMA yang juga cucu usaha Pelindo, sehingga dapat menunjang kesiapan alat pelabuhan.

Selain itu, kerja sama ini juga akan memberikan dukungan teknis dan layanan untuk memastikan kebutuhan pelumas oleh PT BIMA dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan keandalan dan umur pakai peralatan, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasi Pelindo.

Dengan demikian, kerja sama antara PT BIMA dan Pertamina Lubricants diharap memberi dampak positif dan menunjang pelayanan SPJM sebagai salah satu subholding Pelindo. Adapun SPJM fokus pada bisnis di bidang jasa layanan kapal, kelautan, peralatan, dan jasa kepelabuhanan lainnya. Di antaranya yakni pengerukan, utilitas dan energi di lingkungan Pelindo, dengan meningkatkan efisien, kinerja, dan keandalan mesin dan peralatan guna meningkatkan konektivitas perdagangan yang dapat berkontribusi menurunkan biaya logistik nasional.

Direktur Strategi dan Teknik SPJM, Arief Prabowo, menyampaikan kerja sama ini sangat strategis. Kolaborasi dan sinergi antar BUMN ini sejatinya telah terjalin beberapa tahun terakhir. Kemitraan kali ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas pasca-merger Pelindo. Otomatis, cakupan PT BIMA tidak lagi sebatas area Regional 3 tapi seluruh Indonesia.



Pada kesempatan itu, Arief mendorong agar segera dibentuk peta jalan mengenai pengembangan bisnis PT BIMA. Didorongnya pula agar cucu usaha Pelindo itu mengembangkan bisnisnya, dimana kerja sama tidak sebatas pada layanan pengadaan pelumas untuk mitra PT BIMA, tapi juga untuk pelayaran alias kapal di lingkungan Pelindo.

"Melalui kerja sama ini, value creation atau penghematan yang bisa dilakukan mencapai Rp5 miliar per tahun. Belum dari yang lain-lain," ungkapnya.

Plt. Direktur Utama PT BIMA, Vitus Satoto Putro Bekti W, menyampaikan kesepakatan ini menunjukkan komitmen PT BIMA dan PT Pertamina Lubricants untuk bekerjasama dan saling mendukung dalam pelaksanaan bidang pengadaan barang jasa dan pemeliharaan, khususnya di bidang minyak pelumas dan grease yang diperlukan oleh PT BIMA, di seluruh wilayah kerja PT BIMA dan PT Pelindo Grup.

“PT BIMA dan PT Pertamina Lubricants akan bekerjasama untuk mencapai efisiensi, dan produktivitas operasional di seluruh rantai suplai logistik. Memperkuat operasional PT BIMA, guna mendukung PT Pelabuhan Indonesia sebagai Indonesia Maritime Gateway," jelas Vitus.



Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Sari Istiani Rachmi, pada kesempatan itu menyampaikan lewat kerja sama ini, pihaknya ingin membangun kemitraan strategis dengan Pelindo melalui PT BIMA. Melalui kerja sama ini, pihaknya mendukung peningkatan kinerja Pelindo, khususnya PT BIMA.

"Kami ingin menjadi strategic partner. Kami tidak hanya jualan produk, tapi kami menjual full service jasa kepelumasan," katanya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru