Pelindo Ganti Komisaris Utama dan Jajaran Direksi SPJM, Ini Susunan Lengkapnya

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 02 Mar 2023 16:09
Pelindo Ganti Komisaris Utama dan Jajaran Direksi SPJM, Ini Susunan Lengkapnya
Pemegang Saham Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) memutuskan untuk melakukan pergantian Komisaris Utama dan jajaran Direksi sebanyak tiga orang. Foto/Dok Pelindo
Comment
Share
JAKARTA - Pemegang Saham Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) memutuskan untuk melakukan pergantian Komisaris Utama dan jajaran Direksi sebanyak tiga orang. SPJM adalah salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pascamerger yang berfokus pada jasa layanan marine, peralatan, dan utilitas pelabuhan lainnya.

Pelindo melakukan perubahan Komisaris Utama SPJM dengan mengangkat Otto Ardianto dan memberhentikan dengan hormat Fachry Ali. Ini tertera dalam Keputusan Sirkuler Para Pemegang Saham di Luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Pelindo Jasa Maritim Nomor KP.03/24/2/5/RKTK/UTMA/PLND-23 dan Nomor SK.03/24/2/5/HKP/DRU/PSD-23 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Komisaris PT Pelindo Jasa Maritim yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo dan Direktur Utama PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS) selaku kuasa pemegang saham SPJM.



Dengan adanya keputusan ini, maka susunan Dewan Komisaris SPJM berubah menjadi Otto Ardianto selaku Komisaris Utama, Neil Iskandar Daulay (Komisaris), Achmad Idrus (Komisaris), Eris Heryanto (Komisaris Independen), dan Muhammad Imam Aziz (Komisaris).

Selain itu, Pemegang Saham juga melakukan pergantian Direktur sebanyak tiga orang sesuai keputusan Nomor KP.03/24/2/4/RKTK/UTMA/PLND-23 dan Nomor SK.03/24/2/1/HKP/DRU/PSD-23. Masing-masing .engangkat Arief Prabowo selaku Direktur Strategi dan Teknik, Faruq Hidayat selaku Direktur Operasi dan Komersial, dan Rachmat Prayogi Direktur SDM.

Dengan SK tersebut pula maka Pemegang Saham memberhentikan dengan hormat Direksi SPJM sebelumnya yakni Hosadi Apriza Putra selaku Direktur Strategi dan Teknik, I Made Herdianta Gautama selaku Direktur SDM, dan Zuhri Iryansyah selaku Direktur Operasi dan Komersial.

Dengan adanya keputusan ini maka susunan Anggota Direksi SPJM berubah yakni Prasetyadi selaku Direktur Utama, Choirul Anwar (Direktur Keuangan), Arief Prabowo (Direktur Strategi dan Teknik), Faruq Hidayat (Direktur Operasi dan Komersial), dan Rachmat Prayogi (Direktur SDM).

Keputusan yang dibuat pada 24 Februari itu berlaku efektif mulai 1 Maret lalu. Pergantian direksi ini disebut merupakan hal yang biasa dilakukan oleh sebuah korporasi besar, demikian pula dengan Pelindo Group.

Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, mengatakan bahwa pergantian ini sebagai hal yang lazim dilakukan oleh korporasi.

“Pergantian komisaris dan direksi juga dilakukan untuk melanjutkan pencapaian visi dan misi perusahaan, melalui pelaksanaan serangkaian strategi inisiatif Pelindo Group, yang tentunya harus didukung dengan optimal oleh seluruh Subholding,” ujar Patrick.

Sebelum ditunjuk menjadi Komisaris Utama SPJM, Otto Ardianto merupakan Komisaris Utama Subholding Pelindo Solusi Logistik (SPSL).

Arief Prabowo yang kini menjabat Direktur Strategi dan Teknik SPJM sebelumnya adalah Direktur Utama PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), anak usaha dari Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas.

Rachmat Prayogi sebelum mendapat amanah sebagai Direktur SDM, merupakan Senior Vice President Kerjasama Usaha dan Pembinaan Anak Perusahaan PT Pelindo Terminal Petikemas.

Faruq Hidayat selaku Direktur Operasi dan Komersial SPJM sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong, juga merupakan anak usaha dari Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas.

“Selamat datang yang hangat dan selamat bertugas untuk Komisaris Utama dan Bapak-Bapak Direksi yang baru,” kata Patrick.



Pada kesempatan itu, Patrick mewakili segenap insan SPJM menyampaikan apresiasi yang tertinggi dan terima kasih atas segala bentuk kontribusi dan dedikasi yang telah diberikan oleh Fachry Ali selaku Komisaris Utama SPJM.

"Demikian juga untuk Bapak I Made Herdianta Gautama, Bapak Hosadi Apriza Putra, dan Bapak Zuhri Iryansyah. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kesehatan dan kesuksesan untuk semuanya dimanapun berada,” pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru