Ratusan Siswa SMAN 3 Makassar Antusias Ikuti Program Pelindo Mengajar

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 24 Feb 2023 15:41
Ratusan Siswa SMAN 3 Makassar Antusias Ikuti Program Pelindo Mengajar
General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, memberikan edukasi pengenalan industri kepelabuhan dan logistik ke siswa SMAN 3 Makassar. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menggelar kegiatan Pelindo Mengajar di SMAN 3 Makassar, Jumat (24/2/2023). Ratusan siswa dan siswi tampak antusias mengikuti program TJSL bidang pendidikan, yang dibawakan langsung oleh General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid.

Suhadi memberikan pengenalan secara komprehensif mengenai industri kepelabuhanan dan logistik. Tidak lupa, ia juga memberikan informasi seputar BUMN beserta core value AKHLAK. Meski pembahasannya cukup berat, tapi ratusan siswa antusias. Terlebih, materi diberikan secara interaktif dan sesekali diselingi kuis berhadiah.

"Materi pertama soal pengenalan Pelindo, lalu ada juga pengenalan BUMN," ucap Suhadi.



Ia memaparkan besarnya kontribusi pelabuhan, termasuk dalam hal ini Pelindo dalam mendukung akselerasi perekonomian. Toh, sekitar 70 persen makanan yang dikonsumsi maupun barang yang dipakai, dilalu-lintaskan lewat sektor laut. Nah, eksistensi Pelindo pasca-merger yang mengelola 84 pelabuhan dari Sabang sampai Merauke dibutuhkan.

Lebih jauh, Suhadi menyebut Pelindo Mengajar digelar serentak di seluruh Indonesia rentang 20-24 Februari 2023. Total ditargetkan menyapa 30.000 siswa SMA khususnya tahap akhir di 125 sekolah. Khusus di Makassar, setidaknya ada tiga SMA yang mendapatkan kesempatan yakni SMAN 1 Makassar, SMAN 3 Makassar, dan SMA Islam Athirah 1 Makassar.

Seluruh board of director (BOD) alias petinggi, mulai di kantor pusat Pelindo, Sub Holding, hingga GM dan Regional Head diamanatkan melakukan sharing session di program Pelindo Mengajar. Selain Suhadi, bos Pelindo di Makassar yang juga berbagi ilmu yakni Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis di SMA Islam Athirah 1 Makassar, dan Direktur SDM SPJM IM Herdianta G di SMAN 1 Makassar.

Menurut Suhadi, program Pelindo Mengajar merupakan upaya pemerintah melalui BUMN untuk meningkatkan kualitas pendidikan lewat pengembangan diri siswa. Program ini dicanangkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, dengan tujuan mulia agar siswa di Indonesia sejak dini memahami nilai-nilai pengabdian kepadan bangsa dan negara. Muaranya, agar siswa bisa termotivasi dan kelak dapat bermanfaat.

"Pelindo Mengajar ini bentuk TJSL di bidang pendidikan yang diprogramkan oleh Pak Menteri BUMN Erick Thohir. Tujuannya, membangun mindset atau karakter siswa, khususnya Kelas III untuk memahami pengabdian untuk negara melalui pengembangan diri, baik hard skill maupun soft skill sehingga dapat bermanfaat untuk negara ke depannya," papar Suhadi.



Sementara itu, Kepala SMAN 3 Makassar, Nasriadi, memberikan apresiasi atas pelaksanaan Pelindo Mengajar di sekolahnya. Program TJSL di bidang pendidikan dari Pelindo itu memiliki dampak positif untuk sekolah maupun siswa. Selain sekolah mendapatkan bantuan, para siswa juga diberikan semangat dan motivasi untuk menjadi orang lebih baik.

Menariknya lagi, kata Nasriadi, pola edukasi yang diberikan sangat kreatif dan interaktif. Kuis berhadiah yang diberikan terbukti efektif memancing minat siswa. Mereka sangat antusias dan bersemangat, baik untuk mendengarkan materi maupun bertanya seputar kepelabuhanan. Bila model pembelajaran bisa diterapkan sedemikian rupa, maka siswa pastinya bisa menyerap lebih banyak ilmu dan memahaminya.

"Tentunya program Pelindo Mengajar ini memberikan dampak positif, sangat berharga bagi kami. Ini salah satu bentuk edukasi, pencerahan sekaligus motivasi yang memberikan semangat kepada anak-anak didik," jelasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru