Poltekpar para Makassar Gandeng 30 UMKM dalam Event Pikataka Fest 2023

Ansar Jumasang
Kamis, 15 Jun 2023 19:27
Poltekpar para Makassar Gandeng 30 UMKM dalam Event Pikataka Fest 2023
Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Sulawesi Selatan, yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggandeng 30 pelaku UMKM menggelar Pitakata Fest) 2023. Foto: Ansar Jum
Comment
Share
MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Sulawesi Selatan, yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggandeng 30 pelaku UMKM dan mahasiswa semester 4 dan 6, menggelar Politeknik Pariwisata Makassar Festival (Pikataka Fest) 2023.

"Pikataka Fest 2023 ini yang diselenggarakan pada 16 -17 Juni 2023 akan mengeksplorasi keterampilan dan kreativitas para pelaku UMKM dan mahasiswa sebagai ajang pelatihan menyelenggarakan kegiatan yang baru perdana dilakukan," kata Ketua Panitia Pelaksana Pikataka Fest 2023 Islahuddin, Kamis (15/6/2023).



Dia mengatakan Pikataka Fest 2023 yang bertema "Act Your Skill and Explore the Art of Creativity" selain menyajikan aneka produk UMKM berupa makanan dan minuman, juga menampilkan fesyen dan pentas seni.

Menurut dia, penyelenggaraan Pikataka Fest 2023 dikelola oleh mahasiswa Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara (PKA) yang berkolaborasi dengan Program Studi Tata Hidang (TAH) dan Program Studi Divisi Kamar (DIK).

"Festival yang memiliki serangkaian aktivitas ini diharapkan memberikan keseruan dan hiburan bagi pengunjung. Adapun beberapa aktivitas yang akan dihadirkan pada kegiatan ini adalah pameran UMKM, lomba-lomba, pagelaran seni budaya, gelar wicara dan penampilan beberapa musisi lokal Kota Makassar," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini menjadi media bagi pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk dan layanan yang dijual. Kegiatan 30 UMKM yang terlibat ini merupakan usaha yang dikelola mahasiswa dan alumni Poltekpar Makassar sendiri.

Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi remaja dalam menyalurkan bakat dan kreativitasnya melalui berbagai ajang perlombaan. Termasuk menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional untuk mengasah dan mempertajam kemampuan serta keterampilan mahasiswa di bidang "hospitality" atau layanan dengan keramahtamahan.



Adapun pelaku UMKM yang siap berpartisipasi di bidang kuliner, fesyen dan kriya diantaranya Jupe bakso, Jr tea Indonesia, Darren, Moctail Bar, Kedai Sagara, Chilin Kriuk, Mao krepes, Let's eat, Meltcone, Het Se Nusantara, Dimasakin by Mamamel, Flo Coffe dan Raja Rice Bowl.

Sementara untuk UMKM fesyen dan kriya yang akan turut meramaikan acara adalah Rodabite.co, Thrift by berdua, Kukalungi, Clayapan dan Hijafeen.

Kemudian untuk gelar wicara akan menghadirkan seorang selebgram asal Kota Makassar yakni Anggu Batari yang akan membawakan materi dengan tema “Peran Micro Influencer dalam Promosi UMKM”.

Untuk semakin menyemarakkan perhelatan dan menghibur pengunjung Pikataka Fest 2023 musisi lokal Kota Makassar yang akan dihadirkan adalah Ismy Amaliah, Putri Idol dan Ifan Suandy, Natinson serta Kapal Udara.

Sementara itu untuk kompetisi bidang pariwisata/hospitality tingkat nasional meliputi guest service agent competition, making bed competition, towel art competition, latte art competition dan juga mixology competition.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru