Edukatif! MPLS SMP Telkom Makassar Diisi Materi Bahaya Narkotika hingga Literasi Digital

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 11 Jul 2023 11:31
Edukatif! MPLS SMP Telkom Makassar Diisi Materi Bahaya Narkotika hingga Literasi Digital
Ratusan siswa baru SMP Telkom Makassar mengikuti materi peraturan baris-berbaris yang dibawakan langsung oleh POM TNI. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Sedikitnya ada 254 siswa baru mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Telkom Makassar selama tiga hari, Senin-Rabu (10-12/7/2023). Tidak sekadar pengenalan kegiatan dan kurikulum, MPLS juga diisi beragam materi edukatif yang dikemas secara menarik.

Pembina OSIS SMP Telkom Makassar, Husni, menyampaikan pihaknya melibatkan berbagai pihak untuk memberikan materi edukatif kepada para siswa baru dengan mengusung tema 'Let's Get Started'. Di antaranya yakni materi public speaking yang dibawakan MC kondang Indry Wijaya, dan materi peraturan baris-berbaris dengan menggandeng POM TNI.



Selanjutnya, pihak SMP Telkom Makassar juga melakukan edukasi dan literasi digital sejak dini dengan menghadirkan materi soal konten kreator oleh Sarwandi Eka Sarbini dan materi soal bakat oleh Azhe Rahman. Tak lupa, juga ada materi soal bahaya narkotika dan psikotropika yang dibawakan oleh YKP2N Makassar.

"MPLS ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan materi. Mulai soal public speaking, konten kreator hingga dampak bahaya penggunaan narkotika, makanya kami hadirkan salah seorang eks user yang akan berbagi pengalaman (bahaya dan dampak buruk narkotika)," kata Husni.

MPLS tahun ini selain dijejali kisah dan motivasi dari berbagai sosok inspiratif, juga akan menampilkan presentasi dari divisi-divisi yang ada di SMP Telkom Makassar. SMP yang juga merupakan salah satu Sekolah Penggerak di Makassar ini akan berbagi materi kurikulum, kesiswaan dan karakter, sarana dan prasarana serta aplikasi pembelajaran berbasis teknologi yang akan digunakan selama bersekolah.

Husni mengimbuhkan selama MPLS, ratusan siswa dari 8 kelas juga akan dikenalkan mengenai ragam kegiatan di sekolah. Mulai intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler. Khusus untuk ekstra kurikuler, terdapat 16 bidang meliputi olahraga, seni, dan akademik.

Ketua OSIS SMP Telkom Makassar, Fathiyah Zahirah, menyampaikan MPLS tentunya melibatkan pengurus OSIS dan MPK. Khususnya untuk ice breaking selama kegiatan, demi memastikan pelaksanaan MPLS berlangsung semarak dan tidak membosankan.



Ia pun menegaskan dan memastikan selama pelaksanaan MPLS, tidak ada yang namanya kekerasan atau bullying. Di SMP Telkom Makassar, sikap saling menghormati dan menghargai senantiasa diajarkan dan sudah mengakar.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin serta mempererat tali persaudaraan. MPLS juga dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, dalam hal ini perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru hingga suasana rutin di sekolah itu.

"MPLS merupakan kesan pertama buat adik-adik kami di kelas 7 serta tentunya buat ayah bunda yang sudah menitipkan anaknya bersekolah di sekolah kami. Tentunya MPLS ini kami buat sedemikian rupa sehingga akan menjadi kenangan yang baik dan menjadi awal yang positif buat mereka tentang sekolah kami, baik dari kegiatannya, tampilannya serta konsepnya," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru