Kunjungi BKKBN Sulsel, BKKBN Sulbar Lakukan Studi Tiru Pengelolaan DAK

Tim Sindomakassar
Senin, 13 Nov 2023 16:15
Kunjungi BKKBN Sulsel, BKKBN Sulbar Lakukan Studi Tiru Pengelolaan DAK
Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan menerima Kunjungan Studi Tiru Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan menerima Kunjungan Studi Tiru Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat. Kunjungan ini terkait Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Subbidang KB.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat Rusdiyanto Monoarfa, beserta rombongan diterima langsung Kepala BKKBN Sulawesi Selatan, Shodiqin di ruang Kepala BKKBN Sulawesi Selatan, Senin (13/11/2023).

Hadir Ketua Tim Kerja Pengelola Perencanaan Program dan Anggaran Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan Zaitun Faridah.

Ketertarikan BKKBN Sulbar bertandang ke Sulsel karena dalam Pengelolaan DAK BKKBN Sulsel melaksanakan kegiatan "One on One Meeting DAK".

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan langsung mendatangi OPD KB kabupaten dan kota sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan DAK Fisik dan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) di Kabupaten dan kota.

Dalam pertemuan tersebut dibahas kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dan strategi-strategi apa saja untuk mempercepat realisasi DAK Fisik maupun BOKB. One on One Meeting ini diikuti Kadis, Tim Pengendali DAK Kabupaten dan Kota, PPTK, Bidang yang menangani DAK dan Tenaga Ahli Stunting.

Kepala BKKBN Sulawesi Selatan, Shodiqin menyampaikan kegiatan One on One Meeting DAK sangat efektif dalam mencari masalah dan kendala di Kabupaten dan kota dalam merealisasikan anggaran.

"Kalau dari rekap realiasi DAK Fisik Kabupaten/Kota, Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 capaiannya sekitar Rp 8,3 miliar atau 79,13 persen dari total Pagu sekitar Rp 10,5 miliar. Sedangkan untuk rekap realisasi BOKB Kabupaten/Kota P Sulawesi Selatan tahun 2023 capaiannya sekitar Rp 63,2 miliar atau 53,69 persen dari total Pagu sekitar Rp 117,7 miliar," papar Shodiqin.

Shodiqin menjelaskan kembali bahwa kegiatan One on One Meeting DAK sangat efektif dalam menemukan masalah dan kendala OPD KB Kabupaten/Kota dalam merealisasikan DAK Fisik dan BOKB, mulai dari pencairan yang terlambat, anggaran sudah cair tapi terpakai OPD lain, dan proses revisi yang panjang.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat Rusdiyanto Monoarfa, menyampaikan kegiatan One on One Meeting DAK Sulsel langsung mendatangi OPD KB Kabupaten/Kota secara tatap muka. Hal ini yang berbeda dengan Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat.

"Dari apa yang disampaikan pak Kaper BKKBN Sulsel, kegiatan One on One Meeting DAK yang dilakukan Sulawesi Selatan berbeda dengan yang kami lakukan. Di Sulawesi Selatan langsung tatap muka dan hadir di kantor OPD KB Kabupaten/Kota. Sehingga kendala dan permasalahan yang ada di daerah kita ketahui secara detail, dan kita tidak bisa menyalahkan begitu saja bila kendalanya memang dari prosedur yang ada," papar Rusdiyanto.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru