Gelar Apel K3 & Inspection Day, PLN UID Sulselrabar Komitmen Wujudkan Zero Accident

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 02 Feb 2024 15:03
Gelar Apel K3 & Inspection Day, PLN UID Sulselrabar Komitmen Wujudkan Zero Accident
Manajemen PLN UID Sulselrabar dan jajaran menggelar Apel K3 & Inspection Day di Kantor PLN UP3 Makassar Selatan, Jumat (2/2/2024). Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Manajemen PLN UID Sulselrabar dan jajaran menggelar Apel K3 & Inspection Day di Kantor PLN UP3 Makassar Selatan, Jumat (2/2/2024). Kegiatan yang diikuti puluhan petugas PLN itu digelar serentak sebagai rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional 2024, yang berlangsung 12 Januari-12 Februari mendatang.

GM PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin, memimpin langsung Apel K3 & Inspection Day untuk wilayah Sulselrabar. Adapun kegiatan tersebut digelar serentak, dimana semua manajemen PLN wilayah alias UID melaksanakannya dan terhubung secara virtual.

Menurut Andy, kegiatan ini diharapkan menjadi pemacu sekaligus momentum bagi insan PLN untuk meningkatkan implementasi budaya K3. Dengan begitu, angka kecelakaan kerja bisa terus berkurang, bahkan mencapai zero accident alias nihil kecelakaan kerja.

Untuk wilayah PLN UID Sulselrabar, diakui kecelakaan kerja masih terjadi tahun lalu. Namun, bukan melibatkan pegawai PLN, melainkan pihak vendor. Andy menegaskan berbagai upaya terus dilakukan guna memastikan tidak ada lagi kecelakaan kerja di lingkup PLN.

"Tahun ini 2024, kita semua berupaya semaksimal mungkin untuk nihil (zero accident)," kata Andy, seusai berkeliling melakukan inspeksi terhadap kesiapan SDM dan peralatan PLN.

Selain memastikan SOP dan peningkatan pengawasan, berbagai aturan diterapkan untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Andy bilang, salah satu yang menjadi penekananan ialah petugas diminta untuk tidak bekerja sendirian. Dalam melaksanakan tugas, ia menegaskan harus ada partner yang mendampingi dan memakai peralatan pelindung lengkap.

"Saya juga pesan kepada teman-teman dalam bekerja agar selalu menjaga safety dan menjaga kesehatan. Ya tidak usah buru-buru daripada menjadi (kecelakaan) fatality," tuturnya.

Andy juga berpesan kepada para petugas lapangan untuk senantiasa memeriksa kesiapan dan keandalan peralatan. Bagi unsur pimpinan, juga dimintanya untuk sewaktu-waktu melakukan sidak mengenai kesiapan personel maupun peralatan. Tujuannya, agar petugas senantiasa siap dan sigap untuk bertugas.

Khusus untuk peralatan, Andy mengaku telah memeriksa langsung. Hasilnya, semua peralatan yang biasa dipakai petugas di lapangan berfungsi dengan baik. Misalnya untuk sarung tangan mulai untuk tegangan rendah (5 KV) hingga untuk pekerjaan dalam tegangan (20 KV) berfungsi baik dan telah memenuhi standar.

Adapun peringatan Bulan K3 Nasional lingkup PLN UID Sulselrabar berlangsung semarak. Beragam kegiatan digelar selain apel yakni cerdas cermat, seminar, donor darah hingga pertandingan bulu tangkis.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru