Politisi Senior Gowa Amir Uskara Resmi Jabat Wakil Ketua MPR RI

Tim Sindomakassar
Jum'at, 08 Mar 2024 18:46
Politisi Senior Gowa Amir Uskara Resmi Jabat Wakil Ketua MPR RI
Amir Uskara saat dilantik sebagai Wakil Ketua MPR RI. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Politisi senior asal Gowa yang juga Wakil Ketua Umum DPP PPP, Amir Uskara resmi dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI menggantikan Asrul Sani.

Amir mengembang amanah menjadi pimpinan MPR RI di sisa masa jabatan periode 2019-2024. Asrul Sani menyatakan mundur setelah diangkat menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Pelantikan Amir Uskara digelar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat 8 Maret 2024. Acara ini dihadiri Wakil Ketua MPR Fraksi PDIP Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, dan Wakil Ketua MPR dari DPD Fadel Muhammad.

Arsul sendiri turut hadir. Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang melantik Amir Uskara.

Amir melakukan pengucapan sumpah menurut agama Islam dipandu oleh rohaniwan. Dia juga meneken surat penetapan bersama Bamsoet.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya bahwa saya memegang teguh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta peraturan perundang-undangan," ucap Amir membaca sumpah.

Dalam kesempatan itu, Arsul menyampaikan pamit kepada pimpinan MPR dan jajaran kesetjenan. Dia mengucapkan terima kasih dan memohon maaf selama menjabat sebagai salah satu pimpinan MPR.

"Saya ikut berbangga dan terharu siang hari ini. Izinkan saya menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada Pak Ketua dan Wakil Ketua serta jajaran kesetjenan selama mengemban tugas sebagai wakil ketua MPR 4 tahun 3 bulan. Banyak tindakan, kata-kata yang jika Bapak/Ibu semuanya tidak berkenan. Maaf atas kebandelan dan kenakalan yang mungkin ada," ujar Arsul.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru