Terpilih jadi Anggota DPRD Makassar, Adi Akbar Fokus Pemberdayaan Pemuda

Tri Yari Kurniawan
Senin, 18 Mar 2024 01:10
Terpilih jadi Anggota DPRD Makassar, Adi Akbar Fokus Pemberdayaan Pemuda
Anggota DPRD Makassar terpilih, Adi Akbar, berbicara kepada awak media di sela syukuran dan buka puasa bersama ribuan warga. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Ribuan warga tumpah ruah menghadiri acara syukuran dan buka puasa bersama yang dilaksanakan oleh Adi Akbar di Cafe Tepi Kota, Kota Makassar, Minggu (17/3/2024). Mereka merayakan kemenangan Adi Akbar yang dipastikan mengunci satu kursi parlemen di DPRD Makassar.

Sekadar diketahui, Adi Akbar meraup suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) Makassar V meliputi Mamajang, Mariso, dan Tamalate alias Mamarita. Bermodal 6.644 suara, dirinya juga berkontribusi membawa PKS meraih dua kursi di dapil tersebut.

Ditemui di sela acara, Adi Akbar mengaku telah menyiapkan beberapa program awal untuk dijalankan usai dilantik menjadi anggota DPRD Makassar periode 2024-2029. Salah satunya adalah pemberdayaan pemuda di dapilnya, khususnya di wilayah Tamalate.

Ia berencana memperbanyak pelatihan untuk milenial agar dapat mandiri. Hal itu diyakini juga sekaligus mampu mengatasi permasalahan sosial, seperti balap liar dan tawuran. Dirinya percaya semua anak muda memiliki potensi dalam diri, tapi sayangnya belum dimaksimalkan.

"Saya percaya sebenarnya banyak anak muda yang sangat potensial, tapi bingung mau salurkan dimana. Makanya, perlu sharing untuk pengembangan diri dan saya akan hadir di tengah mereka untuk mendorong agar dapat mandiri melalui pelatihan dan pendampingan," ungkap alumni Fakultas Teknik UNM itu.

Lebih lanjut, Adi Akbar juga menaruh atensi pada masalah kesehatan dan layanan publik untuk dibenahi. Fokus programnya itu merujuk pada aspirasi masyarakat di dapilnya. Selama beberapa lama turun langsung berinteraksi, masalah-masalah itulah yang menjadi keresahan untuk dicarikan solusi.

"Rata-rata keluhan masyarakat itu ya persoalan pelayanan (publik) dan persoalan kesehatan. Itulah yang menjadi nawaitu saya, jika terpilih maka saya akan mengawal agar semua warga dapat dibantu," ujar Adi Akbar yang menyebut programnya akan selaras dengan program yayasan miliknya yang selama ini kerap menyalurkan bantuan sosial.

Pada kesempatan itu, Adi Akbar juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada relawan dan warga yang telah mendukungnya. Dukungan itu pun masih terlihat pada acara syukuran dan buka puasa ini, dimana warga yang hadir membeludak.

"Estimasi awal 1.000 orang yang bakal hadir, ternyata dua kali lipat. Ya ada lebih 2.000 orang yang hadir," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota BP3 DPD PKS Makassar, Anwar, mengapresiasi torehan Adi Akbar di dapil Makassar V. Bukan hanya sebagai peraih suara tertinggi di internal PKS pada dapil tersebut, tapi juga secara keseluruhan di dapil Mamarita.

"Alhamdulillah, Adi Akbar secara khusus menduduki posisi pertama di dapil V dengan raihan suara 6.644. Beliau merupakan caleg dengan suara tertinggi di dapil V," ungkapnya.

Dengan posisinya yang baru sebagai anggota DPRD Makassar kelak, Anwar menyebut ruang pengabdian Adi Akbar akan semakin luas. Selama ini, Adi Akbar dikenal sangat aktif dalam sejumlah kegiatan sosial melalui yayasannya. Kata Anwar, jika dulu kebanyakan berfokus di Tamalate, ke depannya bisa juga menyentuh Mariso dan Mamajang.

Pada kesempatan itu, Anwar juga menyampaikan kabar bahwa PKS sukses mengunci 6 kursi di DPRD Makassar dengan total sekitar 79 ribu suara. Capaian itu sudah cukup untuk membawa PKS mengunci kursi unsur pimpinan, tepatnya wakil ketua.

Khusus untuk kursi wakil ketua di DPRD Makassar kelak, menurut Anwar belum diputuskan partainya. Namun, kemungkinan besar akan dipercayakan kepada sosok Anwar Farouq. Pertimbangannya, selain berstatus petahana dan ketua fraksi, Anwar Farouq merupakan Ketua DPD PKS Makassar.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru