Anggota Komisi V Aji Aras Atensi Armada Transportasi di Sulsel Jelang Arus Mudik

Ahmad Muhaimin
Selasa, 02 Apr 2024 10:16
Anggota Komisi V Aji Aras Atensi Armada Transportasi di Sulsel Jelang Arus Mudik
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras mengatakan momen arus mudik tahun ini wajib dimaksimalkan pengawasan dan pengaturannya. Khususnya wilayah di Sulawesi Selatan.

"Pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan armada transportasi dari arah Makassar ke seluruh daerah Sulawesi Selatan ini betul-betul layak untuk jalan. Sehingga hal-hal yang tidak tidak bisa terhindari, betul-betul kenderaan itu layak jalan untuk darat dan juga laut," kata Aras saat ditemui di Makassar.

Aras menuturkan, armada transportsi yang dari Sulsel ke berbagai daerah di Indonesia timur termasuk ke pulau Jawa harus mendapat atensi. Selain armadanya diperbanyak untuk memenuhi kebutuhan pemudik, juga keselamatan penumpang menjadi perhatian.

Selain itu, kelayakan jalan bagi para kapal penumpang, kapal Pelni ini harus dikedepankan. Sehingga layanan ke masyarakat betul-betul bisa maksimal.

"Apalagi tahun ini akan lebih banyak lagi orang mudik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan mungkin dapat menyamai seperti sebelum pandemi. Sehingga antusiasme ini harus disiapkan oleh pemerintah untuk bagaimana mereka bisa menunaikan keinginan untuk pulang kampung, mudik melaksanakan hari raya di daerahnya dengan selamat," tuturnya.

Caleg DPR RI yang terpilih kembali ini melanjutkan, Komisi V juga menekankan kepada pihak lalu lintas supaya mengatur sedemikian rupa. Apalagi ada beberapa daerah yang sangat rawan di Sulawesi Selatan seperti di Kappang dan Tompo Ladang di Maros yang setiap saat macet, ini harus menjadi perhatian.

"Dan kalau potensi itu ada, tentu teman-teman dari kementerian dan kepolisian harus sigap untuk melaksanakan tugasnya. Kita harapkan juga keamanan bagi para penumpang menjadi perhatian dan juga masyarakat harus terus diberikan ruang, sehingga dapat memanfaatkan kesempatan pulang kampung ini dengan selamat," paparnya.

"Dan hal-hal lain, terutama gangguan-gangguan yang akan mengancam apalagi hiruk-pikuk lebaran ini luar biasa, maka kadang-kadang ada juga masyarakat memanfaatkan keadaan ini. Sehingga tentu berhati-hati kepada masyarakat dan bersama kita jaga ketertiban," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Pengusaha Travel Menjerit, Abang Fauzi Soroti Kebijakan Baru Reschedule Garuda
Sulsel
Pengusaha Travel Menjerit, Abang Fauzi Soroti Kebijakan Baru Reschedule Garuda
Sejumlah pengusaha travel mengeluhkan kebijakan baru reschedule (penjadwalan ulang) dan refund (pengembalian dana) maskapai Garuda Indonesia yang mulai berlaku 1 Juli 2024.
Rabu, 03 Jul 2024 11:11
Amir Uskara Timbang 2 Nama Calon Wakil di Pilkada Gowa 2024
Sulsel
Amir Uskara Timbang 2 Nama Calon Wakil di Pilkada Gowa 2024
Bakal Calon Bupati Gowa, Amir Uskara telah mengerucutkan dua nama sebagai calon pendampingnya di Pilkada 2024. Dua nama itu sedang dipertimbangkan Amir.
Minggu, 30 Jun 2024 16:28
Indira Tak Ingin Buru-buru Tentukan Pasangan di Pilwalkot Makassar 2024
Makassar City
Indira Tak Ingin Buru-buru Tentukan Pasangan di Pilwalkot Makassar 2024
Bakal Calon Walikota Makassar, Indira Jusuf Ismail tak ingin buru-buru menentukan pasangan di Pilwalkot 2024. Ia mengaku masih butuh Waktu untuk menimbang figur yang tepat.
Rabu, 26 Jun 2024 20:50
Muh Aras Minta BNN Antisipasi Masuknya Narkoba di Kalimantan
News
Muh Aras Minta BNN Antisipasi Masuknya Narkoba di Kalimantan
Anggota Komisi III DPR RI, Muh Aras meminta aparat hukum tindak tegas peredaran narkoba di Kalimantan. Menurutnya, saat ini pelaku sudah banyak tertangkap, namun kenyataannya peredaran narkoba di Kalimantan hingga saat ini belum berkurang, bahkan semakin merajalela.
Selasa, 11 Jun 2024 12:08
Dhevy Bijak Soroti Perusahaan Tambang Usai Bencana Alam di Luwu
News
Dhevy Bijak Soroti Perusahaan Tambang Usai Bencana Alam di Luwu
Anggota Komisi IV DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak menyoroti banyaknya perusahaan tambang yang kurang peduli akan masyarakat sekitar pada Kunjungan Kerja Spesifik dalam rangka pengelolaan lingkungan dan mitigasi bencana alam sebagai dampak kegiatan pertambangan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
Kamis, 06 Jun 2024 14:21
Berita Terbaru