Peduli Pendidikan & Lingkungan, SPJM Salurkan Beasiswa Pelindo Juara & Tempat Sampah Daur Ulang

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 06 Jun 2024 11:35
Peduli Pendidikan & Lingkungan, SPJM Salurkan Beasiswa Pelindo Juara & Tempat Sampah Daur Ulang
Manajemen SPJM bersama perwakilan sekolah, siswa dan orang tua siswa berfoto bersama setelah penyerahan bantuan TJSL Beasiswa Pelindo Juara dan tempat sampah daur ulang. Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia Tbk (Pelindo) melalui Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) menyerahkan Beasiswa Pelindo Juara dan tempat sampah daur ulang ke sejumlah siswa dan sekolah di Kota Makassar. Penyerahan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dilakukan di Kantor SPJM, Kamis (6/6/2024).

Bantuan TJSL itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, kepada para siswa dan perwakilan sekolah. Terdapat lima siswa yang menerima Beasiswa Pelindo Juara. Adapun sekolah penerima bantuan tempat sampah daur ulang, antara lain yakni SMAN 8 Makassar, SMKN 5 Makassar, SMK 6 Makassar, dan SMK Mastar Makassar.

Patrick menjelaskan bantuan TJSL yang diserahkan hari ini berfokus pada bidang pendidikan dan lingkungan. Kedua bidang ini memang menjadi prioritas dalam penyaluran bantuan perusahaan, selain bidang UMKM.

"Penyaluran TJSL berfokus pada tiga bidang, dua di antaranya dilakukan hari ini yakni pendidikan dan lingkungan. Bentuknya berupa Beasiswa Pelindo Juara kepada lima siswa dan siswi serta bantuan tempat sampah daur ulang untuk sekolah," kata dia.

Khusus bantuan tempat sampah daur ulang, ia menyebut juga dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh siswa maupun sekolah.

Lebih jauh, Patrick menjelaskan Beasiswa Pelindo Juara untuk kali ini diberikan kepada anak petugas security perusahaan. Tahap awal, SPJM ingin berfokus pada internal perusahaan. Adapun bantuan beasiswa berupa barang, semisal peralatan sekolah yang akan menunjang pendidikan sang anak.

Dalam dua tahun terakhir, SPJM aktif menyalurkan bantuan TJSL di bidang pendidikan, lingkungan, dan UMKM. Untuk UMKM misalnya, SPJM sejak 2023 melakukan pendampingan ke ratusan UMKM. Hingga kini, perusahaan terus mengawal dan membina UMKM itu agar terus maju dan berkembang.

Sementara itu, Suryani Sugeng selaku perwakilan orang tua siswa penerima Beasiswa Pelindo Juara mengaku sangat bersyukur, mengapresiasi program Pelindo melalui SPJM. Ia mengaku senang anaknya, Muh Syarif Alqadri, siswa kelas X SMAN 8 Makassar mendapatkan beasiswa.

Ia juga terharu atas kepedulian Pelindo lewat SPJM yang masih memberikan perhatian kepada keluarganya. Meski sang suami yang dulu bekerja di Pelindo sudah tiada.

"Saya bersyukur. Beasiswa ini tentunya sangat meringankan beban ekonomi keluarga, apalagi bapaknya sudah tidak ada. Saya bersyukur karena Pelindo (SPJM) masih membantu," ungkapnya.

Syarif juga menyampaikan rasa syukurnya atas beasiswa tersebut. Ia menyebut beasiswa itu bakal menjadi pemacu semangat sekaligus motivasi untuk lebih giat belajar.

Kepala SMAN 8 Makassar, Iwanuddin, turut mengapresiasi kepedulian Pelindo kepada siswa dan sekolah. Diharapkan agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan, sebagai wujud kepedulian terjadi dunia pendidikan.

"Harapan kami agar SPJM semakin sukses dan semakin memperhatikan anak-anak, generasi muda kita," ujarnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru