5 Dewan DPRD Sulsel Kunci Rekomendasi Demokrat di Pilkada 2024

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 09 Agu 2024 07:00
5 Dewan DPRD Sulsel Kunci Rekomendasi Demokrat di Pilkada 2024
Partai Demokrat menetapkan tujuh usungan pasangan calon kepala daerah (Cakada) di Pilkada serentak 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Partai Demokrat menetapkan tujuh usungan pasangan calon kepala daerah (Cakada) di Pilkada serentak 2024. Penyerahan rekomendasinya diberikan langsung oleh Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta pada Kamis (08/08/2024) malam.

Dari tujuh pasangan itu, ada lima anggota DPRD Sulsel yang menerima rekomendasi. Mereka ialah Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari berpaket dengan wakilnya Abustan di Pilkada Barru.

Wakil Ketua I DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif berpaket dengan wakilnya Nurkanaah di Sidrap. Wakil Ketua IV DPRD Sulsel, Muzayyin Arif berpasangan dengan paketnya Andi Ikhsan Hamid di Sinjai.

Selanjutnya dua anggota DPRD Sulsel yakni Suwardi Haseng dan Selle KS Dalle. Keduanya berpaket dengan Suwardi sebagai 01, sedangkan Selle sebagai 02 di Soppeng.



Adapun dua pasangan lainnya ialah Patahuddin-Muhammad Dhevy Bijak di Pilkada Luwu. Kemudian Frederik Victor Palimbong-Andrew Branch Silambi di Toraja Utara. Serta Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin Daud di Palopo.

Bakal Calon Bupati Barru, Andi Ina merasa terhormat usai menerima rekomendasi Demokrat di Pilkada Barru. Demokrat hanya punya satu kursi di Barru hasil Pileg 2024.

"Alhamdulillah terima kasih kepada Pak Ketum AHY. Saya telah diberikan kepercayaan bersama wakil saya Pak Abustan untuk mengendarai Demokrat di Pilkada Barru," katanya usai menerima rekomendasi.

Andi Ina mengaku, peran Ketua DPD Ni'matullah begitu berpengaruh di DPP. Dia bilang, Ullah terus memperjuangkannya di DPP agar diusung di Pilkada Barru.

"Pak Ni'matullah yang sudah saya anggap sebagai kakak, memberikan saya kesempatan dengan mengusulkan nama saya ke DPP. Insyaallah akan memenangkan Pilkada Barru 2024," tegasnya.



Calon Wakil Wali Kota Palopo, Akhmad Syarifuddin Daud mengaku juga menerima rekomendasi dari Demokrat. Ia mendampingi Trisal Tahir yang maju sebagai 01.

"Iye, tadi sudah terima rekomendasi juga. Berpaket dengan Pak Trisal, saya wakil," ungkap Ome sapaan akrabnya saat dihubungi terpisah.

Ullah menyampaikan alasan Demokrat memberikan rekomendasi ke Andi Ina. Ia menilai, kader Golkar itu memiliki kemampuan dan komunikasi yang baik.

"Kalau kepala daerahnya memiliki komunikasi yang baik, maka akan mudah membangun daerahnya. Saya kira Ibu Andi Ina bisa berperan sangat baik soal pemerintahan karena dengan pengalaman yang dimiliki," ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menilai pengamalan Andi Ina sebagai Ketua DPRD Sulsel dan anggota DPRD tiga periode tentu sangat paham pemerintahan.

"Ini terlepas bahwa saya sangat dekat secara pribadi. Tapi saya juga tahu Andi Ina punya kapasitas yang cukup untuk menjadi kepala daerah," pungkasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru