Kemenag Terima Hibah Rp500 Juta dari Pemkab Gowa

Herni Amir
Sabtu, 10 Agu 2024 14:13
Kemenag Terima Hibah Rp500 Juta dari Pemkab Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menghadiri Lepas Sambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Abdul Rauf Malaganni menghadiri Lepas Sambut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gowa, di Aula Kantor Kemenag Gowa, Jum'at (9/8).

Bupati Adnan mengatakan Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Kemenag Gowa terus menjalin silaturahmi dan hubungan emosional yang baik, di mana sejak beberapa tahun terakhir ini, pihaknya bekerjasama terkait sertifikasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru agama.

"Alhamdulillah hubungan kita dengan kemenag selalu terjalin dengan baik. Program yang telah berjalan saat ini akan kita selesaikan yaitu kerjasama dengan kementerian agama yaitu PPG. Dimana PPG ini sertifikasi ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, dan kita sudah berjalan selama 2 tahun dari 300 lebih guru agama yang menjadi tanggung jawab, kita sudah menyelesaikan lebih 200 tersisa sekitar 117 orang yang akan kita selesaikan," katanya.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan hibah sebesar Rp500 juta untuk renovasi masjid Kemenag Gowa, ditambah bantuan lahan rencana pembangunan Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Gowa di Bekas Kantor DPM PTSP Gowa Jalan Masjid Raya.

"Insyaallah pemerintah akan memberikan hibah untuk pembangunan Masjid Kantor Kementerian Agama. Saya minta yang paling pertama direnovasi adalah tempat wudhunya secara keseluruhan bersama dengan toilet, masjidnya direnovasi dan ditambah AC agar orang nyaman beribadah di tempat tersebut. Selain itu Insyaallah Kantor PTSP Kabupaten Gowa akan kami hibahkan untuk pembangunan Gedung Pelayanan Haji dan Umrah yang ada di Jalan Masjid Raya," sebut Adnan.

Olehnya ia mengungkapkan terimakasihnya kepada Kemenag Gowa yang lama yakni Aminuddin yang telah bekerja sama dan berkolaborasi membantu pemerintah dan lapisan masyarakat selama menjabat dua tahun lebih di Kemenag Gowa.

Tak hanya itu dirinya juga mengucapkan selamat datang kepada Kepala Kemenag Gowa baru, Jamaris yang telah beberapa tahun mengabdi di Kemenag Gowa dan kembali ke Gowa dengan jabatan yang baru.

Sementara Kepala Kemenag Gowa yang lama, Aminuddin turut mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa atas sinergitas yang selama ini terjalin. Menurutnya selama 2 tahun 3 bulan menjabat sebagai Kepala Kemenag Gowa Pemkab Gowa sangat membantu.

"Terima kasih kepada pak bupati dan pak wabup serta teman-teman seperjuangan di Kementerian Agama. Dengan kebersamaan dan persaudaraan yang terjalin Insyaallah semua bisa jalan dengan baik meskipun tidak ada orang yang sempurna selama saya menjadi Kepala Kemenag," ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Kemenag Gowa yang baru, Jamaris mengaku akan terus melanjutkan program-program yang selama ini berjalan, sehingga meminta seluruh jajaran Pemkab Gowa maupun Kemenag Gowa agar bisa terus membantu dirinya menjalankan amanah sebagai Kepala Kemenag Gowa.

"Sebagai Kepala kemenag Gowa Insyaallah apa yang sudah dijalankan sebelumnya akan kami lanjutkan. Mohon arahan untuk bisa menjalankan dengan baik walaupun Kemenag Gowa juga secara struktural adalah instansi vertikal bagi pemerintah, tetapi kita diatur dalam UU bahwa salah satu tugas dan fungsi Kemenag adalah membantu bupati dalam tugas-tugas keagamaan sehingga kami selalu siap mendapat perintah untuk membuat Gowa lebih damai, tentram sesuai tujuan atau visi misi yg telah dirumuskan oleh pemerintah," tutupnya.

Pada pisah sambut ini juga dihadiri Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, Forkopimda Gowa, Kepala Kemenag Sinjai, dan jajaran Kemenag Gowa.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru