Kejutan Pilkada Gowa 2024: DM jadi 02, Aura Tak Maju, Fauzan Sebagai 01?

Ahmad Muhaimin
Selasa, 20 Agu 2024 16:00
Kejutan Pilkada Gowa 2024: DM jadi 02, Aura Tak Maju, Fauzan Sebagai 01?
Kolase foto Darmawangsyah Muin, Amir Uskara, Imam Fauzan. Ilustrasi Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Pilkada Gowa 2024 menciptakan kejutan luar biasa. Darmawangsyah Muin (DM) yang digadang-gadang akan maju sebagai calon bupati, kini memilih menjadi calon wakil bupati alias 02.

Padahal DM sudah sosialisasi sebagai calon bupati sejak 5 tahun lalu. Ia bahkan sudah mengantongi rekomendasi dan surat tugas sebagai calon bupati dari beberapa partai, seperti Perindo, PKB, PKS dan Demokrat.

Partai Demokrat yang paling spesial. Sebab partai ini telah menerbitkan rekomendasi B1KWK kepada DM dan paketnya Rismawati Kadir Nyampa, Ketua DPC Demokrat Gowa sebagai calon wakil bupati.

"Rekomendasi Demokrat saat itu memang B1KWK, kalau partai lain belum," kata Sekretaris DPC Gerindra Gowa, Idris Rate saat dihubungi pada Selasa (20/08/2024).



Terbitnya rekomendasi Gerindra pada (19/08/2024) kemarin, mengubah posisi DM. Sekretaris DPD Gerindra Sulsel itu, kini menjadi 02 yang akan mendampingi Husniah Talenrang (HT) sebagai calon bupati.

"Iya, rekomendasi Gerindra yang terbit itu sudah berpaket. Tapi belum B1KWK, masih rekomendasi" ungkap Idris Rate.

Husniah ialah Ketua DPD PAN Gowa. Ia juga merupakan anggota DPRD Gowa saat ini, dan anggota DPRD Sulsel terpilih. Politisi perempuan ini merupakan adik kandung Kabaharkam, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran.

"Kita tunggu saja beliau datang, seperti apa penjelasannya, yang mana paket final," ujar Idris Rate.

Paket HT-DM kini telah mengamankan dua rekomendasi partai. Usai mengantongi Gerindra, pasangan ini juga telah menerima restu dari PAN.

"Kita tunggu saja tanggal 27, 28 dan 29 (Agustus). Nanti di situ penentuannya," jelasnya.



Tak kalah mengejutkan, Amir Uskara dikabarkan batal maju di Pilkada Gowa 2024. Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PPP ini kabarnya akan fokus mengurus partai kakbah di Jakarta dan mengawal pemerintahan baru.

Sindo Makassar mencoba mengkonfirmasi kabar ini ke Amir Uskara. Namun Wakil Ketua MPR RI itu tak merespon pesan yang dikirimkan kepadanya.

Informasinya, putera Amir yang juga Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan yang akan didorong maju Pilkada Gowa 2024. Fauzan akan tetap diplot sebagai 01 atau calon Bupati Gowa.

Fauzan yang dikonfirmasi masih enggan menyebutkan secara detail soal skema ini. Namun ia memastikan PPP akan tetap mengusung kader potensialnya untuk maju sebagai 01 di Pilkada Gowa 2024.

"InsyaAllah PPP tetap dorong kadernya sebagai 01," kata Fauzan kepada awak media pada Selasa (20/08/2024).

Fauzan juga masih menutup rapat-rapat soal dirinya yang akan maju sebagai calon bupati. Ia meminta semua pihak untuk bersabar.

Dia bilang, akan segera mengumumkan calon usungan PPP dalam Waktu dekat ini. "Tunggu maki 1-2 hari pengumuman," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru