Polipangkep Laksanakan Donor Darah dalam Rangkaian Dies Natalis ke-36

Luqman Zainuddin
Kamis, 05 Sep 2024 10:53
Polipangkep Laksanakan Donor Darah dalam Rangkaian Dies Natalis ke-36
Suasana donor darah yang digelar Polipangkep dalam rangka peringatan dies natalis ke-36. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Donor darah merupakan tindakan sukarela memberikan darah yang sangat penting untuk menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan transfusi, seperti mereka yang mengalami kecelakaan, menjalani operasi besar, atau menderita penyakit tertentu.

Partisipasi aktif masyarakat dalam donor darah sangat dibutuhkan untuk menjaga ketersediaan stok darah yang aman dan mencukupi, tak terkecuali di kalangan sivitas akademika kampus.

Salah satu rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-36 Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Polipangkep) adalah kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Batara Siang Kabupaten Pangkep. Giat ini menjadi kesempatan untuk membantu memberikan manfaat sosial untuk kemanusiaan.

Melalui kegiatan donor darah, para pendonor mendapatkan edukasi dan pembekalan yang merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa mereka siap secara mental, fisik, dan emosional untuk berpartisipasi dalam mendukung kebutuhan darah yang aman dan mencukupi.

Kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan pada Rabu, 4 September 2024 di Auditorium Mas’ud Sikong Polipangkep. Para pendonor darah terdiri atas mahasiswa, dosen, tendik, dan seluruh sivitas akademika Polipangkep. Tak hanya itu, Direktur Polipangkep, Dr. Ir. Darmawan, M.P. juga turut mendonorkan darahnya dalam giat ini.

Dr. Ir. Darmawan, M.P. menjelaskan dari kegiatan ini kita bisa membangun rasa sosial yang tinggi kepada seluruh masyarakat Polipangkep dan sekitarnya bahwa berbagi bisa dilakukan dalam bentuk apa pun, termasuk dalam bentuk darah yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Panitia kegiatan donor darah ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa UKK Pramuka. Menurut Pembina UKK Pramuka, Wahyuni, SE, warga Polipangkep diharapkan dapat berpartisipasi untuk kegiatan kemanusiaan, terutama dalam kegiatan donor darah karena dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini pula, dilakukan penandatanganan MoU yang menandai perjanjian kerja sama antara Polipangkep dengan RS Batara Siang, yang merupakan upaya strategis serta partisipasi dalam mendukung kesadaran sosial.

Giat donor darah sebagai rangkaian acara Dies Natalis menunjukkan bahwa memasuki usia ke-36, Polipangkep semakin berkomitmen untuk hadir sebagai kampus vokasi yang berkontribusi di segala bidang.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru