HUT ke-36, Polipangkep Menuju Pusat Techno-Agro-Maritime untuk Indonesia Maju

Luqman Zainuddin
Selasa, 10 Sep 2024 13:36
HUT ke-36, Polipangkep Menuju Pusat Techno-Agro-Maritime untuk Indonesia Maju
Rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-36 di New LT Gedung Terintegrasi Polipangkep. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) menggelar rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-36 di New LT Gedung Terintegrasi Polipangkep, Senin 9 September.

Acara tahunan ini mengambil tema “Polipangkep Terus Berprestasi menuju Pusat Techno Agro Maritim untuk Indonesia Maju,” yang menegaskan komitmen institusi dalam menjadi pusat unggulan dalam bidang teknologi agroindustri dan kemaritiman.

Rapat Senat dalam Rangka Dies Natalis tersebut dihadiri oleh Direktur, para Wakil Direktur, Ketua dan Anggota Senat, para undangan selaku mitra dan stake holders, ketua jurusan dan jajarannya, ketua unit lembaga dan jajarannya, Dosen, Tendik, Pegawai, Dharma Wanita, Mahasiswa, dan segenap sivitas akademika Polipangkep.

Rapat Senat dibuka oleh Ketua Senat Polipangkep, Dr. Rahmad D., S.P., M.Si. dilanjutkan dengan pidato direktur Polipangkep, Dr. Ir. Darmawan, M.P, yang menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan institusi selama 36 tahun.

Direktur Polipangkep menekankan pencapaian signifikan Polipangkep serta strategi pengembangan ke depan untuk memperkuat posisi sebagai pusat inovasi di bidang teknologi pertanian dan maritim.

Pidato Direktur Polipangkep menandai acara puncak perayaan Dies Natalis ke-36 Polipangkep. Dalam pidatonya, Dr. Ir. Darmawan, M.P menguraikan berbagai upaya yang dilakukan Polipangkep untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan riset dalam bidang teknologi agro maritim.

“Tema Dies Natalis tahun ini, 'Polipangkep Terus Berprestasi Menuju Pusat Techno-Agro-Maritime untuk Indonesia Maju' sengaja dipilih sebagai penguatan terhadap visi dan misi, sekaligus sebagai penyemangat dan pemantik bagi Polipangkep yang disejalankan dengan rencana strategis Kemendikbudristek dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi 2024 yang harus tangguh dan tumbuh serta bersinergi dengan industri,” ujar Dr. Darmawan.

Dalam pidatonya, Dr. Darmawan juga menyampaikan rencana strategis institusi untuk memperkuat kolaborasi dengan industri dan lembaga penelitian, serta meningkatkan fasilitas dan program pendidikan untuk mendukung pengembangan teknologi terbaru.

Ia menyoroti pentingnya peran Polipangkep yang unggul dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat menjawab tantangan serta memberikan manfaat di sektor pertanian dan maritim. Pidato Direktur kali ini mengharukan karena merupakan Pidato Dies Natalis terakhir dalam masa jabatan Direktur, sehingga banyak pesan-pesan yang diberikan untuk terus melanjutkan perjuangan mengembangkan institusi, termasuk melanjutkan pencapaian Indikator Kinerja Utama dan menguatkan kemitraan dengan industri.

Rapat Senat Dies Natalis ke-36 kali ini dihadiri secara virtual oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, Tatang Muttaqin yang memberikan orasi ilmiah. Pada kesempatan ini, beliau memberikan ucapan selamat hari jadi ke-36 dan merupakan momen untuk bersyukur juga untuk melakukan evaluasi.

Tak hanya itu, Direktur Jenderal Vokasi juga memberikan apresiasi atas semangat Polipangkep dalam usianya yang ke-36 dan merupakan salah satu Politeknik yang paling relevan dalam bidang Agro-Maritim. Tema yang diangkat sesuai dengan orasi ilmiah yang dibawakan yaitu mengenai Perkembangan Demografi dan Tantangan Pemenuhan Pangan.

“Konsepsi Techno Agro-Maritim mencakup sistem perikanan dan pertanian modern seperti digital farming dan konektivitas laut yang harus didukung oleh SDM berpengetauan, kreatif, serta adaptif terhadap pemanfaatan teknologi digital sehingga Polipangkep harus hadir sebagai penyedia layanan pendidikan vokasi berkualitas dan penguatan keahlian kapasitas kerja,” terangnya.

Mengapresiasi prestasi yang diraih oleh dosen dan mahasiswa, dalam Rapat Senat Dies Natalis kali ini juga diwarnai dengan agenda penyerahan piagam penghargaan kepada mahasiswa berprestasi yang memenangkan kompetisi tingkat nasional, yaitu Peraih Pendanaan PKM, Lomba Essai dan Karya Ilmiah, MTQ, Fotografi dan Video Pendek, Poster Digital, serta juara pada Ajang Porseni Politeknik se-Indonesia.

Dosen pembimbing berprestasi juga diundang untuk menerima piagam penghargaan, di antaranya, Mariani S.TP., MP., Dr. Muhammad Kadir, S.P., M.P., Andi Besse Poleuleng, S.P., M.P., Nur Rahmawaty Arma, M.Sc., Ph.D., Sitti Inderiati, S.P., M.Biotech, Dr. Zahraeni Kumalawati, S.P., M.P., Muh. Amrih, S.E., M.Ak., Ikbal Syukroni, S.Pi., M.Si., Rahmawaty Saleh, S.Si., M.Si., Adilham, S.Pd.I., M.Pd.I., Monika Agustia, S.P., M.Ars.L., Nur Jihad Syahra, S.TP., M.Si., dan Sultan Mubarak Z, S.Pt., M.Pt.

Acara Dies Natalis ini juga dimeriahkan dengan Expo Polipangkep 2024 yang menghadirkan Industri dan Kepala SMA serta SMK di Sulawesi Selatan. Giat Expo berupa pameran inovasi produk unggulan matching fund vokasi yang melibatkan mahasiswa dan dosen.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen Polipangkep dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi terbaru yang mendukung kemajuan sektor agro dan maritim di Indonesia.

Polipangkep melalui perayaan Dies Natalis ke-36 ini, menegaskan tekadnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui inovasi dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan bangsa.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru