Survei Terbaru Pilkada Lutim 2024: Ibas-Puspa 44,9%, Budiman-Akbar 39,2%

fitra budin
Jum'at, 20 Sep 2024 18:54
Survei Terbaru Pilkada Lutim 2024: Ibas-Puspa 44,9%, Budiman-Akbar 39,2%
Lembaga Survei LSI Denny JA merilis hasil survei di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Timur (Lutim) 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Lembaga Survei LSI Denny JA merilis hasil survei di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Timur (Lutim) 2024.

Rilis hasil survei tersebut disampaikan dalam konfrensi pers hasil termuan dan analisis LSI Denny JA yang mengangkat tema Redupnya Petahana dan Pesona Penantang, yang digelar di Hotel Harper Makassar, Jumat (20/09/2024).

Survei ini merilis potret elektabilitas tiga Paslon yakni Budiman-Akbar Andi Leluasa sebagai petahana. Kemudian Irwan Bachri Syam-Puspawati Husler dan Isrullah Achmad-Usman Sadik.



Hasil temuannya, menempatkan pasangan Ibas-Puspa unggul dengan tingkat elektabilitas 44,9%, disusul Budiman-Akbar 39,2%.

Sedangkan elektabilitas Isrullah Achmad-Usman Sadik terpaut jauh yakni hanya 3%. Sementara responden menjawab tidak tahu atau merahasiakan pilihannya sebanyak 12,9%.

Survei itu dilakukan LSI pada periode 2-10 September 2024. Menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 4,8 %. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 440 responden.

Peneliti LSI Denny JA, Fajar Moestar mengatakan sesuai survei yang dilakukan, terdapat sejumlah indikator yang menyebabkan petahana memiliki tingkat keterpilihan yang rendah. Salah satunya adalah fenomena yang menyatakan jika mayoritas publik menilai petahana Budiman-Akbar lemah.



"Mereka yang mempersepsikan petahana Budiman lemah, mayoritas di semua segmen pemilih. Petahana dinilai lemah karena kuatnya pesona penantang (Ibas-Puspa), dan kuatnya pamor bupati sebelumnya M. Thoriq Husler," ujar Fajar.

Meski begitu, LSI memberikan catatan khusus dalam hasil surveinya yang menyatakan jika angka undecided voter berada di angka 12%.

"Angka ini cukup rendah, jika tidak terjadi apa-apa hasilnya tidak akan jauh beda, itu hasil survei kita," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru