Bupati Sidrap Turut Hadiri Pengoperasian Kereta Api Maros- Barru

Andi Mappanyukki
Rabu, 29 Mar 2023 17:16
Bupati Sidrap Turut Hadiri Pengoperasian Kereta Api Maros- Barru
Bupati Sidrap, Dollah Mando menghadiri peresmian pengoperasian kereta api lintas Maros - Barru diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Depo Kereta Api Maros, Rabu (29/3/2023). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAROS - Bupati Sidrap, Dollah Mando menghadiri peresmian pengoperasian kereta api lintas Maros - Barru yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Depo Kereta Api Maros, Rabu (29/3/2023).

Peresmian jalur kereta api pertama di Sulsel dengan panjang 80 kilometer itu ditandai dengan penarikan tuas kereta oleh Presiden Joko Widodo.



"Pada siang hari ini Saya resmikan pengoperasian jalur Kereta Api Makassar Parepare antar Maros- Barru dan Depo Kereta Api Maros," ucap Presiden.

Perlintasan sepanjang 80 kilometer melintas Stasiun Mandai, Kabupaten Maros dan Stasiun Garongkong Kabupaten Barru. Jokowi berharap beroperasinya KA melayani penumpang dan logistik dimaksimalkan.

"Ini kalau nanti betul-betul keretanya sudah banyak ada untuk penumpang, wisata ada untuk barang akan memberikan daya saing," tutur Joko Widodo yang didampingi Ibu Negara Iriana.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sejak beroperasi mulai November 2022 kehadiran kereta pertama di Sulawesi ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Hingga Maret 2023, sudah mengangkut penumpang berjumlah 25.699 orang, dengan rata-rata okupansi 78,02% dari kapasitas total 90 penumpang menggunakan kereta wisata.



Bupati Sidrap Dollah Mando mengapresiasi pengoperasian kereta api lintas Makassar-Parepare untuk rute Maros-Barru. Menurutnya beroperasinya kereta ini dapat melancarkan pergerakan penumpang dan barang serta mendukung potensi pariwisata.

"Hadirnya kereta ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Selain itu,masyarakat juga bisa menikmati layanan kereta Banyaknya destinasi wisata yang dilalui jalur kereta ini menjadi daya tarik bagi masyarakat," pungkasnya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru