Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak Meninggal Dunia, Begini Karir Politiknya

Chaeruddin
Kamis, 06 Apr 2023 23:24
Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak Meninggal Dunia, Begini Karir Politiknya
Bupati Luwu Basmin Mattayang dan Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak saat kampanye pada Pilkada lalu. Foto: Chairuddin
Comment
Share
LUWU - Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak meninggal dunia pasca menjalani operasi jantung di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Kamis (6/04/2023). Sosok politisi ini punya catatan karir politik cemerlang di Tana Luwu.

Kepergian Syukur Bijak membuat masyarakat Luwu kehilangan sosok yang peduli dan merakyat. Politisi asal daerah Walmas ini bahkan menjadi sosok yang diandalkan untuk membangun daerah termasuk di tanah kelahirannya sendiri.



Karir politik Syukur Bijak tergolong cemerlang. Tahun 1999 - 2004 dirinya duduk sebagai anggota DPRD Luwu periode pertama melalui Partai Amanat Nasional.

Diperiode kedua, kembali duduk sebagai anggota DPRD Luwu tahun 2004-2009 juga bersama Partai Amanat Nasional bahkan masyarakat Walmas mempercayakan Syukur Bijak untuk memperjuangkan aspirasi mereka. Terbukti perolehan suara politisi ini sangat mendominasi.

Matang sebagai legislator, dirinya mencoba peruntungan di Pilkada dan maju sebagai Calon Wakil Bupati Luwu berpasangan dengan Andi Mudzakkar sebagai Calon Bupati Luwu. Keduanya menang di Pilkada tersebut, terpilih sebagai Wakil Bupati Luwu periode 2009-2014 mendampingi Andi Mudzakkar selama 5 tahun, sekaligus menobatkan dirinya sebagai Ketua Demokrat Kabupaten Luwu sejak saat itu hingga saat ini tahun 2023.

Memasuki Pilkada 2014-2019, Syukur Bijak meninggalkan pasangannya dan memilih paket dengan Basmin Mattayang juga sebagai Calon Wakil Bupati Luwu dengan membawa Tagline BAIK.

Sayangnya di Pilkada ini, Syukur Bijak gagal. Meski menguasai suara Walmas, namun pasangan Andi Mudzakkar saat itu berpasangan Amru Saher yang membawa Tagline Selalu Bersama, sedikit mampu mengimbangi suaranya di Walmas.

Pilkada tahun 2019-2024, Syukur Bijak kembali maju sebagai Calon Wakil Bupati Luwu dan kembali berpasangan dengan Basmin Mattayang yang dikenal sebagai pasangan BAIK jilid II.



Bertarung dengan Patahuddin pasangan Emmy Tallesang, BAIK Jilid II unggul dan Syukur Bijak kembali duduk sebagai Wakil Bupati Luwu mendampingi H Basmin Mattayang sebagai Bupati Luwu hingga periode 2019-2024 atau hingg saat ini.

"Saya dan seluruh masyarakat Kabupaten Luwu bahkan masyarakat Tana Luwu terkhusus ASN di Luwu, merasa sangat kehilangan. Saya mohon doa semuanya, agar Almarhum dilapangkan kuburnya, diterima segala kebaikannya, amal baiknya dan diampuni segala khilafnya," kata Bupati Luwu Basmin Mattayang.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru