Kapolres Luwu Imbau Pengendara Istirahat di Jalan Jika Mengantuk

Chaeruddin
Senin, 17 Apr 2023 13:57
Kapolres Luwu Imbau Pengendara Istirahat di Jalan Jika Mengantuk
Kapolres Luwu, AKBP Arisandi saat memberikan arahan terkait dengan Operasi Ketupat tahun 2023. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, mengimbau para pengendara untuk tidak memaksakan diri saat mudik lebaran jika kondisi kesehatan kurang baik.

Utamanya saat membawa kendaraan di jalan raya, baik mobil mau pun motor. Kapolres Luwu, minta pengemudi untuk tidak melanjutkan perjalanan jika kurang fit termasuk mengantuk.



"Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan karena sopir mengantuk. Saya mengimbau pengendara, baik sopir angkutan umum maupun sopir kendaraan pribadi agar tidak melanjutkan perjalanan jika kurang fit dan mengantuk, silahkan menepi dan beristirahat dahulu sebelum melanjutkan perjalanan," ujarnya, saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 di Mapolres Luwu, Senin, (17/4/2023).

Disampaikan Kapolres Luwu, dalam Operasi Ketupat 2023, seperti tahun sebelumnya, tetap menyiapkan pos pelayanan di mana melibatkan lintas sektor dan OPD.

"Kita ada pos pelayanan mudik. Yang kurang sehat atau mengantuk kami persilahkan mampu dan berisitirahat. Di Pos pelayanan disiapkan vitamin dan tempat untuk melepas lelah termasuk pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

"Pos pelayanan ini melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar serta aparat TNI dan Polri," lanjutnya.

Berdasarkan prediksi Polri sendiri dan data Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8 persen.



"Olehnya itu, Polri mengimbau kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan," imbaunya.

"Hal tersebut penting, mengingat secara nasional tahun lalu pemudik cenderung melakukan perjalanan pada malam hari," sebutnya.

Operasi Ketupat 2023 dilaksanakan selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 hingga 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai 9 Mei 2023.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru