Zulhas Instruksikan Ketua PAN Daerah Maju Pileg & Pilkada 2024

Ahmad Muhaimin
Kamis, 04 Mei 2023 07:00
Zulhas Instruksikan Ketua PAN Daerah Maju Pileg & Pilkada 2024
Ketum DPP, Zulhas bersama pengurus DPW dan DPD PAN se-Sulsel. Foto: Humas PAN Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan memberikan target tinggi kepada DPW di Pileg 2024. Ia meminta Ashabul Kahfi dkk bisa meningkatkan perolehan kursi, atau paling tidak mempertahankannya.

Zulhas sapaannya mengatakan, DPW PAN Sulsel wajib mempertahankan perolehan 3 kursi untuk DPR RI. Sehingga partai ini bisa tetap eksis di Senayan.

"PAN harus mempertahankan 3 kursi untuk DPR RI, sementara kursi di provinsi harus ditingkatkan dari 7 kursi menjadi 10. Kalau ada kendala, kesulitan, kita harus rembuk sama-sama," katanya pada Rabu (3/5) kemarin.

Zulhas datang ke Makassar untuk membuka Rakor Bacaleg DPW dan DPD PAN se-Sulsel. Dalam arahannya, ia menginstruksikan semua Ketua DPD kabupaten/kota untuk terlibat secara langsung di Pemilu 2024.

"Seluruh kader khususnya ketua DPD untuk maju sebagai Bakal Calon Legislatif di 2024 mendatang. Jadi saya minta 24 ketua DPD jadi anggota DPRD semua," ujarnya.



Menteri Perdagangan (Mendag) RI ini bahkan memberikan ultimatum kepada ketua DPD yang tidak menjalankan instruksinya. Jika tak maju sebagai Caleg, maka harus bertarung di Pilkada 2024.

"Kalau ada ketua DPD gak nyalon yah ganti. Ketua DPD harus jadi anggota DPRD. Kalau ada kendala lapor, nanti dibantu, karena kalau ada yang gak jadi yang salah ketua umum," jelasnya.

"Jadi kita sifatnya membantu. Tapi terpilih atau tidak itu tergantung kinerja saudara masing-masing," sambung mantan Wakil Ketua MPR RI ini.

Di sisi lain, Zulhas tidak memberikan beban kepada kader untuk mati-matian memenangkan usungan calon presiden (Capres) 2024 mendatang. Menurutnya, lebih penting ialah fokus pemenangan di Pileg.

"Yang paling penting di PAN saudara terpilih jadi anggota DPRD. Presiden menang kita gak jadi (anggota DPRD), tetap saja kita salah," sebutnya.



Ketua DPD PAN Je'neponto, Asdin Basoddin Azis siap menjalankan perintah Zulhas. Ia mengaku akan maju di Pileg dan membidik kursi DPRD Sulsel.

Asdin akan bertarung di Dapil Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar. "Saya sudah Bismillah menyatakan sikap, akan maju di DPRD Provinsi," ucapnya.

Asdin juga sudah tiga periode duduk di DPRD Jeneponto. Apalagi ia juga mendapat dorongan kuat dari keluarganya untuk naik kelas.

Selain itu, Anggota DPRD Sulsel asal Jeneponto dari PAN, Syamsuddin Karlos memilih tak akan maju di Pileg. Karlos sedang membidik untuk bertarung di Pilkada 2024.

Makanya Asdin ingin menggantikan kursi Karlos di DPRD Provinsi. "Pak Karlos tidak maju lagi, makanya itu juga yang menjadi pertimbangan saya," jelasnya.

Perolehan kursi PAN di DPRD Provinsi memang menurun. Pada 2014, PAN mengantongi 9 kursi, namun pada 2019 tersisa 7 kursi.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru