Lantik Pengurus TP PKK Kecamatan Barru, Hasnah Syam Berpesan Soal Ini

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 05 Mei 2023 18:22
Lantik Pengurus TP PKK Kecamatan Barru, Hasnah Syam Berpesan Soal Ini
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, Hasnah Syam, berfoto bersama usai melantik pengurus TP PKK Kecamatan Barru, yang dilanjutkan pelantikan di tingkat desa. Foto/Dok Pemkab Barru
Comment
Share
BARRU - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, Hasnah Syam, melantik pengurus TP PKK Kecamatan Barru yang dipimpin oleh Andi Arliyati Puja Setiawan. Pelantikan digelar di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Barru pada Jumat (5/5/2023).

Selanjutnya, Andi Arliyati melantik sejumlah ketua dan pengurus TP PKK tingkat desa. Di antaranya yakni Ramlah Jumardin (Desa Galung), Hamdana Marala (Desa Palakka) dan Hasni Fakhruddin (Desa Anabanua).



Ketua TP PKK Kabupaten Barru, Hasnah Syam, pada kesempatan itu memberikan pengarahan dan sejumlah pesan. Dia menyebutkan bahwa pelantikan dan pengukuhan pengurus beserta Ketua TP PKK di tingkat kecamatan maupun desa merupakan jabatan otomatis alias ex-officio.

“Jabatan otomatis itu maksudnya, ketika suami menduduki suatu jabatan seperti bupati, camat dan kepala desa, maka otomatis istri juga akan menjabat sebagai Ketua TP PKK desa, kecuali kalau pejabatnya perempuan," jelasnya.

Hasnah mencontohkan dirinya terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pileg 2019 lalu. Meski demikian, jabatan Ketua TP PKK Barru tentunya harus tetap melekat karena suaminya, Suardi Saleh, masih berstatus Bupati Barru.

Pada kesempatan itu, Hasnah berpesan agar ketua tim PKK di tingkat kecamatan maupun desa agar proaktif mengawal anggotanya. Harus dapat memastikan anggotanya memiliki kegiatan positif yang bermanfaat, buka hanya sebatas mengurus rumah tangga.

Ia juga menitip pesan kepada para kepala desa untuk membantu sekaligus mengawal TP PKK. Mereka harus didorong untuk berinovasi dengan konsep muatan lokal. Para ketua TP PKK tingkat desa huga diminta mendampingi suami dalam menjalankan tugas, termasuk melaksanakan berbagai program TP PKK.

Hasnah yang juga legislator RI dari Komisi IX pada kesempatan itu juga menyosialisasikan dan mengajak seluruh pihak ikut membantu pemerintah dalam upaya penanganan stunting.



Camat Barru, Andi Hilmanida, menyampaikan selamat kepada para ketua TP PKK baik tingkat kecamatan maupun desa yang baru saja dilantik. Ia juga berterima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Barru yang telah hadir dan memberikan motivasi kepada pihak kecamatan dan desa.

"Pemerintah Kecamatan Barru sangat mendukung penuh kegiatan 10 program PKK, terutama pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kesehatan," jelasnya.

Ketua PKK Kecamatan Barru, Andi Arliyati, pada kesempatan itu menyampaikan rasa syukurnya karena pelantikan PKK Kecamatan Barru beserta Desa Anabanua, Desa Palakka dan Desa Galung ini berjalan dengan lancar. Ia juga berterima kasih atas kehadiran Ketua TP PKK Kabupaten Barru di tengah kesibukannya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru