Tingkatkan Daya Saing UMKM, Pemkab Maros Gelar Road Show

Najmi S Limonu
Minggu, 04 Jun 2023 09:31
Tingkatkan Daya Saing UMKM, Pemkab Maros Gelar Road Show
Bupati Maros AS Chaidir Syam mengunjungi salah satu stan UMKM kecamatan. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Perdagangan (Koperindag) menggelar Road Show usaha mikro kecil menengah (UMKM) di 14 kecamatan.

Sebanyak 14 stan UMKM dari masing-masing kecamatan meramaikan pembukaan road show. Selain itu, ada juga stan binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Maros, stan PT Telkom yang menawarkan aplikasi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesian Standard), dan stan pendaftaran sertifikasi halal.

Bupati Maros AS Chaidir Syam mengatakan, pengembangan UMKM masih menjadi program prioritas. Menurutnya, jika UMKM meningkat, masyarakat pun akan sejahtera.



"Hadir masing-masing UMKM perwakilan tiap kecamatan. Ini merupakan gerakan kita untuk terus menggenjot peningkatan daya saing UMKM Kabupaten Maros," ungkap Chaidir, Sabtu (3/6/2023).

Lebih lanjut Chaidir mengungkap, kegiatan ini guna mendorong perkembangan produk UMKM di tiap kecamatan. Sekaligus sebagai ajang promosi dan pemasaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Towadeng menuturkan, mengingat era teknologi menjadi suatu keharusan untuk memanfaatkan digitalisasi, pihaknya telah mengundang PT Telkom Indonesia untuk turut hadir.



"Sebelumnya kita sudah melakukan kolaborasi dengan PT Telkom, hari ini kita kembali undang. Mereka akan menawarkan beberapa program, salah satunya adalah program Pasar Digital (PADI), juga kemudahan pembayaran dengan Qris," sebutnya.

Dia menginformasikan, bagi UMKM yang memiliki omset di bawah dari Rp500 juta bisa mendaftar untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis.

"Kita juga ada stand pendaftaran sertifikasi halal. UMKM yang belum ada sertifikat halalnya bisa langsung mendaftar lewat stan yang disediakan. Bahkan bisa gratis jika omsetnya tiap bulan dibawah Rp500 juta," pungkasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru